Sunday, January 18, 2015

Blogger: Rumah Baru Ijaah

Sebagai seorang blogger pemula, aku sadar betul bahwa blog telah menjadi bagian hidupku. Dengannya aku bisa menyalurkan pendapat, kebahagiaan juga kepedihan. Bahkan dengan blog aku bisa menjaring sebanyak-banyaknya pertemanan, berjumpa dengan blogger-blogger handal juga jalan-jalan ke luar negeri.

Adalah Ijaah.com, blog-ku. Di usianya yang baru 2 tahun, Ijaah telah membawaku pada kesadaran yang indah: aku senang menulis. Ijaah telah membantu diriku untuk menemukan passion. Sungguh banyak kenangan diriku dan Ijaah selama 2 tahun terakhir ini, yang tentu saja tak bisa aku lupa.

Aku sangat suka Ijaah karena tampilan tema wordpress yang dimilikinya berbeda dengan yang lain. Tema itu sangat wanita, warnanya ungu dengan background putih. Font yang dimilikinya juga unik, tidak pusing membacanya. Selain itu, tema Ijaah memiliki feature image yang semakin menambah karakteristik Ijaah. Ya, tema itu telah menyatu dengan Ijaah.

Namun rupanya Ijaah harus ikhlas menerima kejadihan pahit ini ...

Awal tahun 2015 Ijaah mengalami musibah. Website ijaah.com di suspend dikarenakan visitor telah melebihi kapasitas. Aku harus membayar lebih -sekitar 300rb- untuk mengaktifkan website itu kembali. Harga yang sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibayarkan setahun sekali. Tapi aku terlanjur kesal dengan pengelola hosting yang seakan-akan menjebakku? Eh, benarkah demikian? 

Aku tak tahu apa yang menyebabkan Ijaah bisa sampai di suspend. Setelah bertanya pada ayah, kemungkinan itu terjadi karena aku mengunduh plugin Jetpack di Ijaah. Sungguh, aku sangat menyesali tindakanku itu. Tapi sudah, itu sudah terjadi. Sekarang saatnya untuk ikhlas menerima kejadian itu dan berusaha menyelamatkan tulisanku.

Ayah berbaik hati membantu menyelamatkan tulisanku. Kawan, prosesnya sungguh rumit. Aku benar-benar kagum pada ayah yang berhasil menemukan cara masuk ke akun ijaah yang telah di suspend. Prosesnya lama, berhari-hari. Kemudian ayah memindahkan tulisanku ke localhost untuk selanjutnya dipindahkan ke blogger.

Dan inilah rumah baru Ijaah: blogger. Ingin rasanya ku katakan sebuah kejujuran: aku butuh waktu satu minggu untuk menata Ijaah di rumah barunya. Mengapa?

Aku sungguh tak bisa melihat Ijaah yang nampak begitu polos di rumah barunya. Rumah lama Ijaah jauh lebih bagus. Belum lagi komentar teman-teman selama ini hilang tak berbekas. Hanya tulisan dan foto yang bisa dipindahkan, sedangkan komentar tidak. Suara-suara penuh sesal dan sedih menggema di ruang hatiku. Aku ingin Ijaah seperti dulu...

Aku harus berhenti menyesali ini. Kembali ke rumah dengan tema yang dulu bukan jalan yang baik karena aku tak mau mengulangi kejadian seperti itu kembali. Bagaimana bila nanti di suspend lagi?

Lebih baik di blogger, insyaAllah aman. Aku hanya perlu beradaptasi dan belajar menata Ijaah dengan lebih baik. 

Jika di antara kawan semua ada yang mengetahui tema bernuansa pink pastel, tolong beritahu aku ya. Aku akan sangat senang dan berterimakasih :)

~ Ijaah ~

2 comments :

  1. Ko maen suspend gitu mba, biasanya kalau dishared hosting pas kita udah lewat make bandwidth dikasih peringatan & blog ga bisa diakses sementara sampe ganti bulan & reset lagi bandwidth nya
    Beda lagi kalau makan cpu terlalu tinggi kemungkinan memang suspend tapi biasanya dikasih peringatan, orang sy aja waktu masih pakai hostgator 5x kena peringatan akhirnya sy pindah

    Selain itu selama sy pake jetpack kayanya ini plugin ga bikin masalah karena kebanyakan malah prosesnya dijalanin diserver mereka terutama related post, jadi selama ini kalau di wp yang sering jadi masalah sama hosting kebanyakan gara2 bot yg bisa bikin pageview melambung 10x lipat akhirnya bandwidth sama cpu meningkat.

    kalau plugin yang pernah bikin masalah menurut hosting yg sy pake dulu cuma w3 total cache karena ada salah setingan akibatnya query ke database tinggi

    ReplyDelete
  2. sangat keren sekali

    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...