7 Channel Senam Favorit di Youtube

by - Wednesday, April 22, 2015


Sudah 7 bulan tidak senam, rasanya badan ini mulai mengembang kembali. Belum lagi dengan pola makan yang tidak seimbang, makin banyak saja lemak di badan. Untuk itu, per bulan April ini aku mengulang kembali kebiasaanku dulu, yakni senam dan food combining.

Bulan ini aku mengikuti kembali kelas Zumba. Ah, rasanya senang sekali bisa ber-zumba ria kembali setelah absen lama. Aku seakan diingatkan kembali dengan lagu-lagu menghentak dan gerakan yang dulu aku hafal baik. Pada awal aku mengikuti Zumba kembali, gerakanku agak kagok dan badanku terasa sakit. Ketahuan sekali bahwa aku jarang berolahraga dalam kurun waktu yang lama.

Aku mengatur pola makan juga. Setiap pagi, perasan lemon hangat menjadi minuman wajib sebelum sarapan dengan buah. Kemudian aku memperbanyak asupan sayur dan protein nabati dan mengusahakan memperkecil konsumsi daging.

Selain itu, aku membiasakan kembali senam pagi. Aku hanya perlu menyalakan netbook dan membuka video workout yang telah kuunduh beberapa tahun yang lalu. Kemudian aku menyiapkan matras sebagai alas senam dan kursi sebagai penopang. Ada baiknya menyiapkan barbel juga, karena beberapa video workout ada yang menggunakan barbel.

Instruktur senamku ada banyak, mereka tersebar di berbagai penjuru dunia. Ya, guru senamku ada di Youtube. Aku bisa memilih beragam jenis senam, dari mulai Aerobik, Zumba, Pilates, Yoga hingga Bellydance. Kemudian aku mengunduh banyak video senam yang menurutku asyik dan bisa aku ikuti.

Ada banyak channel senam yang aku lihat dan pada akhirnya aku berlangganan channel tersebut. Namun di antara itu semua, aku memilih 7 channel yang menurutku oke banget. Aku melihat dari segi kualitas video, instruktur/narator yang komunikatif dan jenis musik yang dipilih (ini pengaruh banget untuk zumba).

Nah, ini dia 7 Channel Senam Favorit Youtube versi Ijaah.com :

1. BeFiT


Ini adalah channel yang paling banyak kuunduh sebab memiliki beragam jenis workout, dari mulai Aerobik, BL, Yoga, Pilates, Zumba hingga Latin Dance. Saking banyaknya video di channel ini, aku hanya mengunduh video salah satu instruktur senam di channel ini yaitu Denise Austen. Sejak pertama kali menemukan video senam Bu Denise ini, aku langsung jatuh hati. Aku mengunduh beberapa video beliau seperti:
  • Burn Fat Fast Cardio Workout
  • Denise Austin Ballet Dance
  • Far Burning Funk-Dance Workout
  • Denise Austin Legs and Buns Workout Lv. 1-3
  • dll.
Serunya video Denise ini adalah beliau sangat komunikatif dan gerakannya variatif. Durasi video antara 10-30 menit, sudah termasuk pemanasan dan pendinginan.


2. BeFitin90


Apa perbedaan BeFit dan BeFitin90? 

Jika BeFit berisi beragam jenis workout dan instruktur yang bisa kita pilih sesuka hati, BeFitin90 berisi video workout dari hari ke-1 hingga hari ke-90 (yang mesti dilakukan berurutan) dan hanya dipandu oleh Samantha dan Garret. Aku sempat mengikuti video di channel ini, namun gagal pada entah hari ke berapa -__-


Dari semua channel senam favorit di Youtube, aku menaruh BeFit pada urutan teratas karena BeFit memiliki instruktur yang hebat serta kualitas videografi yang sangat baik. Ya, ini adalah channel senam terfavorit.

3. Zumba® France


Zumba France, aku padamu! Selain karena gerakan dan pilihan lagu yang beragam, aku sangat menyukai lokasi pembuatan video zumba ini. Jika kebanyakan channel zumba memilih studio senam, Zumba France memilih pantai, lapangan terbuka, kolong jembatan, jalanan umum sebagai lokasi pembuatan video. Selain itu, aku sangat menyukai gerakan Alix, salah satu instruktur di channel ini. Gerakan Alix sangat lincah, ceria dan mudah aku ikuti. Senyum dan keriangan Alix mampu dengan sukses membawaku bergerak dengan lincah. Suka!


4. Ricardo Rodrigues


Aku menemukan channel ini gegara mencari video: Pitbull-Fireball for Zumba. Aku mencari video tersebut karena saat kelas Zumba, aku adiksi pada gerakan dan lagu itu. Saat mencari, nama Ricardo Rodrigues menempati posisi pertama. 


Jika dilihat, channel ini tidak memiliki kualitas video yang baik. Namun gerakan Ricardo dan musik yang dipilih membuatku mau untuk berlangganan dan mengunduh videonya.

5. Yoga With Adriene


Channel ini menjadi favorit karena aku menyukai videografi channel ini. Selain itu, channel ini menawarkan beragam macam program Yoga.

Program Yoga With Adriene adalah sebagai berikut:
  1. 30 days of Yoga
  2. Yoga For Weight Loss
  3. Yoga For Healing
  4. Yoga For Runners
  5. Yoga For Beginners
  6. Yoga Tips
  7. Yoga At Your Desk
  8. Yoga For Your Lunch Break
  9. Yoga For Relaxation
  10. Travel Yoga dan beragam program lainnya. 
Lengkap ya? Maka dari itu aku sangat menyukai channel ini :)



6. HappyAndFitPilates


Yang bisa bahasa Jerman mari merapat ke channel ini :)

Ya, channel ini berbahasa Jerman. Meski aku tak mengerti, aku menyukai video pilates di channel ini karena memiliki videografi yang baik dan ada beragam jenis pilihan gerakan pilates. 

Happy And Fit tak hanya memiliki channel khusus Pilates, ada juga channel khusus Yoga, Fitness, Dance dan lainnya.


7. Bellydancer Isabella


Sebenarnya video ini agak sensual. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa kita mengenal Bellydance sebagai Tari Perut Arab yang mana bagian perut haruslah diperlihatkan.

Aku berlangganan channel ini karena aku menyukai Belly Dance. Gerakan Belly Dance fokus pada tubuh bagian bawah. Gerakan ini sangat membantu bagi siapapun yang ingin memperindah bentuk pinggang, paha dan bagian tubuh lainnya.


Cukup sulit untuk mencari channel yang khusus berisi Bellydance. Aku menemukan beberapa channel Bellydance namun cukup sedih saat mengetahui isi videonya. Isi video channel tersebut adalah video promosi CD Bellydance yang hanya berdurasi 3 menit. Maka saat menemukan channel Bellydancer Isabella ini aku sangat girang. Akhirnya aku menemukan channel khusus Bellydance!

Aku selalu berfikir, baik sekali ya orang-orang ini memberikan ilmu dan pelatihan secara GRATIS! Maka tak heran, channel tersebut memiliki pelanggan/pengikut yang sangat banyak. Jika sudah seperti itu, rezeki akan datang dengan sendirinya.

Ya, itulah 7 Channel Senam Favorit Youtube versi Ijaah.com. 

Semoga bermanfaat dan Yuk kita senam! :)


~ Ijaah ~


You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)