Wednesday, April 29, 2015

Ayo Nonton Film Indonesia!

Senin kemarin, aku memutuskan untuk menonton Filosofi Kopi di Empire XXI sendiri. Sengaja tak kuajak teman untuk menemani karena aku sedang ingin sendiri dan sudah terbiasa nonton film ke bioskop sendiri. Ada kepuasan saat aku menonton seorang diri, tak ada obrolan saat film berlangsung sehingga aku bisa puas menyimak pesan utuh sebuah film.

Sejauh yang aku ingat, aku selalu nonton ke bioskop sendiri saat aku ingin menonton film Indonesia. Pernah suatu ketika aku mengajak temanku untuk menonton Tanah Surga Katanya di bioskop. Namun sayang, tak seorang pun yang ingin menemaniku. Alasannya adalah karena film Indonesia biasanya tidak bagus, lebih baik tunggu filmnya di Televisi. Aku mengernyit. Tidak semua film Indonesia itu berkualitas buruk. Buktinya, selepas menonton Tanah Surga Katanya, mataku benar-benar terbuka dan hatiku menerima pesan indah akan kecintaan terhadap Indonesia. Perkiraan mereka ternyata keliru.
Silakan pilih seat-nya, Mba.
Aku memilih seat D3, karena itulah satu-satunya seat berwarna hijau di deretan D. Samping kanan dan kiri sudah berwarna merah. Tak masalah, lagipula aku sendiri.
Khusus film Indonesia, beli 1 tiket dapat 2 tiket ya, Mba.
Aku melongo. Kuterima dua tiket itu dengan muka keheranan. Hari itu aku benar-benar buta informasi. Aku tak tahu bahwa hari Senin (27/4) ada program Buy One Get One, Beli 1 Tiket Dapat 2 di XXI/21 seluruh Indonesia khusus untuk film Indonesia. Rupanya, ini adalah program pemerintah untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap film-film Indonesia. Sayangnya, petugas itu tak tahu hingga kapan program ini berlangsung.

Langsung saja aku menghubungi Nadya, salah seorang temanku. Aku meminta padanya untuk turut serta menonton Filosofi Kopi karena aku mendapatkan tiket gratis. Namun sayang, Ia tak dapat menemaniku.
Coba hubungi Dikdik deh, biasanya dia bisa.
Aku mengiyakan dan langsung menghubungi Dikdik. Kebetulan sekali dia sedang ada di dekat BIP dan mengiyakan ajakanku. Ada perasaan lega karena akhirnya tiket ini ada pemiliknya. Meski kami nonton 'berdua', kami tak duduk berdampingan. Aku di D3 sedang Dikdik di B1. Ini artinya, keinginanku untuk menonton sendiri tetap terlaksana. Lagi pula, aku tak mau nonton berduaan dengan laki-laki.

Aku menunggu Dikdik di lobby XXI. Kulihat beberapa orang membeli popcorn dan minuman di counter Food and Beverages. Kulihat juga beberapa orang yang baru saja keluar dari Teater 1, mereka baru saja menonton Avangers : Age of Ultron. Aku sendiri tak begitu tertarik menonton Avengers, bahkan Fast & Furious kemarin saja aku tak menontonnya. Entahlah, saya mah gitu orangnya...

Sesaat sebelum film Filosofi Kopi dimulai, ada cuplikan animasi dari Adit dan Sopo Jarwo, kartun yang sering kutonton di MNC TV. Rupanya di dalam video itu ada Presiden kita yakni Jokowi. Dalam video itu, Adit, Jarwo dan Jokowi mengajak masyarakan untuk Ayo Nonton Film Indonesia!


Pemerintah kini sangat serius dalam meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap film Indonesia. Pada saat Peringatan Hari Film Nasional (30/3/2015), Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan memberi stimulasi terhadap industri film nasional dengan cara memberi dorongan dan insentif. Selain itu, pihak kementrian terkait dan Badan Ekonomi Kreatif akan menghidupkan kembali semangat cinta terhadap film Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya Satu Hari Film Indonesia 30 Maret di hampir seluruh XXI dan Blitzmegaplex di Indonesia. Program ini beli 1 gratis 1. Ada banyak sekali film Indonesia yang diputar kembali di bioskop pada hari itu seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, Tabula Rasa, Di Balik 98, Cahaya Dari Timur dan lain-lain.

Ayo Nonton Film Indonesia!

Mendapat informasi ini dari aku IG @therealdisastr (Dian Sastrowardoyo)
Program beli 1 gratis 1 berlanjut lagi Senin kemarin. Aku sendiri tak tahu hingga kapan program ini berlangsung. Yang jelas, aku memiliki gairah yang tinggi untuk menonton film Indonesia di bioskop. Ini adalah salah satu cara bagiku untuk membuktikan bahwa aku Cinta Produk Indonesia. Lagipula, film-film Indonesia memiliki sinematografi yang baik.

Aku sangat ingin mengajak teman-teman yang membaca tulisanku ini untuk Ayo Nonton Film Indonesia. Tentu saja film yang ditonton adalah film yang berkualitas. Aku bersyukur sekali, dewasa ini perkembangan film Indonesia melesat maju dan ada banyak film yang memiliki pesan baik.

Yuk nonton film Indonesia! :)


~ Ijaah ~



No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...