Oleh-Oleh Khas Dayak di Baloy Adat Tidung Tarakan

by - Thursday, April 30, 2015

Baloy Mayo
Saat berada Tarakan tahun lalu, aku berkesempatan untuk mengunjungi Baloy Adat Tidung Tarakan. Letak rumah adat ini berada di daerah Juwata, Tarakan. Sebenarnya letak rumah adat ini tak begitu jauh dari Bandara Juwata. Hanya saja untuk mencapai rumah adat ini, kita harus masuk lebih dalam ke kawasan pedesaan. Berdasarkan informasi yang kuterima, akses menuju rumah adat ini agak sulit dicapai dengan transportasi umum. Maka daripada itu, aku dan teman-teman yang lain menyewa mobil menuju Baloy Adat Tidung.

Saat pertama kali mendengar kata Tidung, pikiranku langsung tertuju pada Pulau Tidung yang ada di Kepulauan Seribu. Ternyata, Tidung bukan hanya nama pulau, Ia juga adalah nama salah satu Suku Dayak yakni Suku Tidung. Mayoritas Suku Tidung beragama Islam sehingga hukum adat yang diberlakukan seperti hukum adat Melayu.

Baley Amiril Pengiran Djamaloel Qiram (Baloy Mayo Djamaloel Qiram) adalah sebutan rumah adat Suku Tidung ini. Baloy adat ini dibangun pada tanggal 4 April 2004 dan diresmikan pada tanggal 4 Agustus 2006 oleh Gubernur Kalimantan Timur Drs. Jurnalis Ngayoh, MM (pada saat itu Tarakan masih dalam wilayah Kaltim). Kabarnya, rumah adat yang berada di atas lahan seluas 2,5 ha ini dibangun dari dana pribadi Kepala Adat Besar Dayak Tidung, Mochtar Basry Idris.

Teras Baloy Mayo


Baloy Adat Tidung dibangun dengan menggunakan kayu ulin, kayu khas Kalimantan yang terkenal kuat terhadap suhu, kelembaban dan air laut. Baloy Adat ini dibangun menghadap ke utara, namun pintu utamanya melawan arah menghadap ke selatan.

Selain bangunan utama (Baloy Mayo), terdapat 11 bangunan lain di sekitar rumah adat. Ada juga perahu tradisional Suku Tidung di kawasan ini.


Oya, pengunjung tidak dibebankan tiket masuk ke kawasan ini, alias gratis. Kita bisa bebas mengambil gambar di tempat ini.

Setelah puas berkeliling kawasan Baloy Adat, tak lengkap rasanya bila tidak berbelanja oleh-oleh khas Tidung. Pusat oleh-oleh khas Tidung terdapat di dalam satu baloy (rumah) yang tak jauh dari Baloy Mayo.

Ada banyak ragam oleh-oleh khas dayak di baloy ini. Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Dayak Tidung yang bisa didapatkan di Baloy Adat Tidung Tarakan:


1. Dompet Etnik

Ada bermacam ukuran dompet di tempat ini, ada yang besar, sedang (untuk HP) dan ada yang kecil (untuk recehan). Paduan warna dalam ornamen khas Dayak benar-benar telah mencuri hatiku, hingga akhirnya aku membeli dompet HP lengkap dengan selendangnya.


2. Peci Khas Dayak

Jika pada umumnya peci berwarna hitam dan putih, peci khas ini dihiasi motif Dayak dengan pilihan ragam warna terang.

3. Tas

Ada beragam tas bermotif Dayak di tempat ini. Pengunjung bebas memilih jenis tas yang diinginkan, baik itu tas selendang maupun tas jinjing.

4. Selendang


5. Kain Batik

Bagi pecinta kain, tentu tak boleh melewatkan kesempatan untuk membeli kain batik khas Dayak di tempat ini. Selain karena motifnya beragam, pengelola pusat oleh-oleh ini menjamin bahwa kain batik yang dijual di tempat ini berkualitas. Dan itu memang benar adanya :)


6. Pedang

Pedang khas Dayak ini cocok untuk dijadikan souvenir atau sebagai hiasan dinding rumah.


7. Batu Perhiasan

Salah seorang teman membeli batu ruby di tempat ini. Pengelola pusat oleh-oleh ini menjamin bahwa semua batu perhiasan yang ada di tempat ini adalah asli. Pantas saja harganya sangat tinggi.


8. Bros


9. Gelang dan Kalung



10. Gantungan Kunci


Selain itu, ada pula kaos khas Dayak, hiasan dinding dan aksesoris lain khas dayak di tempat ini. Bentuk dan warnanya beragam. Mata kita akan benar-benar dimanjakan oleh cinderamata khas Dayak Tidung.

Untuk menutup kunjungan di Baloy Adat Tidung, aku tak melewatkan kesempatan untuk berfoto ala-ala putri dayak di tempat ini. Cukup dengan mengenakan kalung khas Dayak dan menyelempangkan dompet HP, sudah pantaslah aku disebut sebagai Putri Dayak! :D

Putri Dayak XD

Berkunjung ke kawasan Baloy Adat Tidung Tarakan semakin menambah wawasanku tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. Sebagai tips, jika hendak berkunjung ke Tarakan dan membeli oleh-oleh, belilah di tempat ini. Karena selain dijamin keasliannya, koleksi oleh-oleh khas Dayak lebih lengkap di tempat ini.


~ Ijaah ~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)