7 Hal Canggih Yang Perlu Kamu Ketahui Dari ASUS ZenPower

by - Tuesday, June 23, 2015

Sebagai seorang karyawan yang dituntut beraktivitas secara dinamis, saya harus menyiapkan alat komunikasi dengan baik. Saya memilih smartphone karena memiliki fitur canggih yang memudahkan komunikasi antar karyawan. Namun sayang, kecanggihan smartphone tidak ditunjang dengan kemampuan mempertahankan daya dengan baik. Sering kali ponsel saya kehabisan daya, padahal waktu baru menunjukkan sore hari.

Terkadang saya bekerja hingga malam hari. Maka untuk memasok daya ponsel, saya menggunakan powerbank. Pertemanan antara saya dan powerbank telah terjalin selama 4 tahun lamanya. Namun nyatanya pertemanan kami tidak mulus. Seringkali powerbank yang saya beli cepat rusak, lama mengisi dan memberi daya, juga membuat ponsel saya panas.

Entah sudah berapa buah powerbank (dengan beragam merk) yang saya beli. Hingga akhirnya saya menyerah dan tidak menggunakan powerbank lagi selama 2 bulan terakhir. Maka kemanapun saya pergi, charger ponsel selalu saya bawa. Solusi ini tidak menyelesaikan masalah. Membawa charger dalam aktivitas pekerjaan adalah ribet. Selain itu saya kebingungan mencari saklar untuk mengisi daya ponsel.

Namun untunglah! Kini hadir solusi terbaik untuk mengatasi kegundahan yang saya alami. Adalah ASUS ZenPower, pahlawan pemasok daya ponsel saya. Sudah 1 minggu saya menggunakan ASUS ZenPower dan saya puas. Ponsel saya terisi daya dengan cepat. Selain itu, tidak terasa panas pada ponsel saat pengisian daya. 


ASUS ZenPower

ASUS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan powerbank lain yang beredar di pasaran. Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 hal canggih yang perlu kamu ketahui dari ASUS ZenPower :

1. Desain Mini Daya Tahan Maxi

ASUS ZenPower memiliki ukuran sebesar kartu kredit dengan bobot sebesar 215 gram. Meski ukurannya mungil, ZenPower memiliki cadangan energi yang cukup besar yakni 10.050 mAh. Energi cadangan yang ditawarkan oleh ASUS ZenPower akan mampu mengisi penuh daya baterai berbagai macam gadget. Ukurannya yang kecil dan ringan memudahkan pengguna untuk membawanya.

Mini Me!

2. Super Compact dengan Zen Design

ASUS ZenPower memiliki desain ergonomis yang dipadukan dengan casing alumunium ringan yang tampak berkilau. Hal ini membuat penampilan ZenPower terlihat elegan dan kokoh. ASUS ZenPower menghadirkan 5 macam pilihan warna menarik seperti Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Azure Blue dan Brilliant Silver. Saya sendiri memiliki ZenPower berwarna Sheer Gold. Elegan sekali!

Zen Design


3. Kapasitas Besar

Sebagai gambaran, jika digunakan untuk memasok daya ASUS Zenfone 5, ZenPower bisa mengisi ulang baterai smartphone sebanyak 3 kali, Zenfone 6 dan Zenfone 2 bisa diisi lebih dari 2 kali, sementara untuk mengisi penuh baterai Nexus 7, ZenPower masih memiliki daya yang tersisa untuk menambah energi gadget lain. Saya sendiri telah mencoba ASUS ZenPower pada gadget lain dan hasilnya memuaskan. ZenPower mampu mengisi ulang daya baterai gadget tersebut sebanyak 3-4 kali.

ASUS menjamin bahwa soket USB pada ASUS ZenPower sudah dites hingga 5.000 kali. Dengan asumsi soket USB digunakan tiga kali sehari. Artinya, soket USB pada powerbank tersebut dapat digunakan dengan baik selama 4.5 tahun.




4. Powerbank dengan 11 Fitur Proteksi

ASUS berkomitmen bahwa ZenPower tak hanya memiliki tampilan luar yang menarik, namun juga memiliki fitur proteksi yang tentunya memberi manfaat lebih. Tak tanggung-tanggung, ASUS ZenPower memiliki 11 teknologi pengaman yang sangat berguna untuk mencegah resiko yang mucul. Jenis fitur proteksi ASUS ZenPower adalah sebagai berikut:
  1. Temperatur protection : ASUS mendesain sistem yang menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman. Hal ini mencegah terjadinya efek panas pada sel baterai yang dapat membuat kerusakan pada baterai itu sendiri.
  2. Short sircuit protection : ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi bila terjadi arus pendek.
  3. Reset protection : Tombol power di ZenPower berguna untuk melakukan reset ketika powerbank mengalami masalah. Fitur ini jarang dimiliki powerbank pada umumnya.
  4. Input over voltage protection : Fitur ini mampu mendeteksi tegangan input/masuk. Jika melebihi batas, ZenPower akan mati secara otomatis agar gadget terhindar dari kerusakan.
  5. Output over voltage protection : Fitur ini mampu mendeteksi tegangan output yang tidak normal dari ZenPower. Hal ini dapat mencegah gadget rusak.
  6. Input reserve direction protection : Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan. Ini mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.
  7. Over charge / over discharge protection : Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian. Hal ini dapat menyebabkan baterai gadget lebih berumur panjang.
  8. Output over current protectionUntuk mengamankan gadget, ZenPower akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).
  9. Cell PTC protectionFitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.
  10. Adapter protectionASUS PowerSafe Technology mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu yang aman saat proses charging berlangsung.
  11. JEITA protection : Teknologi cerdas berikutnya yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian sehingga powerbank ZenPower 1.8 kali lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.

5. 6 Sertifikat Keselamatan Internasional

Selain fitur proteksi, ASUS ZenPower sudah terlisensi standar keselamatan internasional yang terdiri dari: 
  • CE - Menyatakan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan EC yang berlaku. CE mirip seperti FCC Declaration of Conformity yang digunakan pada beberapa peralatan elektronik yang digunakan di Amerika.
  • UL - Menyatakan hasil tes yang telah disetujui oleh perusahaan Worldwide Safety Consulting and Certification Amerika sedunia dengan uji keamanan oleh agen Federal AS Occupational Safety and Health Administration (OSHA).
  • CB - Sertifikat produk elektronik yang diijinkan untuk memasuki pasar sesuai kesepakatan bersama oleh IEC CB (Uni Eropa).
  • EAC - Hal ini menunjukkan bahwa produk sesuai dengan semua peraturan teknis dari prosedur penilaian Bea Cukai Uni Eurasia, sehingga produk dapat dilayani di semua pusat pelayanan produsen di seluruh wilayah Bea Cukai Uni Eurasia.
  • TISI - Sertifikasi produk dari Industri Standards Institute Thailand yang menyatakan produk dibuat dengan sistem kontrol kualitas yang memadai sehingga produk sesuai standar.
  • BSMI - Biro Standar, Metrologi dan Inspeksi (BSMI) di bawah Kementerian Perekonomian merupakan otoritas yang bertanggung jawab untuk standardisasi, metrologi dan inspeksi produk di Taiwan.

6. Japanese Lithium-ion Rechargeable Cell

Di pasaran saat ini, terdapat banyak produk powerbank yang menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar. Meski begitu, tidak sedikit produk powerbank yang mengklaim mampu menawarkan energi dalam kapasitas mAh besar, ternyata hanya mampu mengisi ulang satu kali saja, bahkan tidak sampai penuh. Selain itu, powerbank seringkali cepat rusak dan tidak mampu lagi mengisi daya dengan maksimal. Hal ini pernah saya alami dan tentunya sangat mengesalkan.

Untuk menjawab keluhan tersebut, ASUS memastikan bahwa ZenPower hadir menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan powerbank lainnya. Pada ZenPower, baterai yang digunakan adalah Lithium-ion Rechargeable Cell dengan rated capacity 3.6V/10.050 mAh yang merupakan buatan produsen spesialis baterai asal Jepang.

Selain memastikan bahwa kapasitas yang dimiliki cukup untuk memasok daya hingga 3 kali, baterai berkualitas juga memiliki masa pakai yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan baterai berkualitas standar. Dengan demikian, pengguna tak perlu bolak-balik membeli powerbank baru setiap tahun. Ini tentunya kabar yang sangat baik bagi pengguna gadget.

7. Ultra Fast Charging

Setiap powerbank, tentu memiliki arus output yang berbeda-beda. Tidak sedikit powerbank yang memiliki kapasitas besar tetapi hanya mampu menghasilkan arus keluaran yang kecil, misalnya 1 ampere atau 2 ampere. Jika hanya 1 ampere saja, misalnya, tentunya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang gadget yang dipasok jauh lebih lama.

Dibandingkan dengan powerbank biasa, ASUS menawarkan fitur pengisian ulang cepat (Ultra Fast Charging) pada ZenPower. Ini dimungkinkan karena ZenPower mampu menghasilkan output hingga 2,4 ampere jika menggunakan kabel yang mendukung. Artinya, gadget akan lebih cepat terisi penuh jika diisi dengan ASUS ZenPower dibandingkan dengan produk powerbank lain yang tidak memiliki fitur seperti Ultra Fast Charging.

Untuk mendukung fitur ini, ASUS menyertakan kabel USB berkualitas. Meski tampak sepele, namun ini adalah hal yang penting. Pengguna kerap mengabaikan kualitas kabel USB untuk menghubungkan gadget dengan charger atau powerbank. Padahal jika tidak menggunakan kabel berkualitas, muncul resiko terjadinya arus pendek yang membahayakan gadget tersebut.

Lalu bagaimana dengan pengisian ulang terhadap powerbank ini sendiri?

Jangan khawatir. Dengan menggunakan kabel standar 5V/2.4A, ASUS ZenPower dapat terisi penuh dalam waktu 5.5 jam atau 6 jam jika menggunakan kabel standar 5V/2A.

Dengan beragam keunggulan yang ditawarkan, ASUS ZenPower jelas hadir sebagai jawaban atas segala kegelisahan pengguna smartphone dan powerbank selama ini. ASUS ZenPower hadir dengan perlindungan menyeluruh yang membuat pemakaian gadget lebih aman, memiliki sertifikat keselamatan internasional, desain yang kompak dan elegan, memiliki daya dan kecepatan charging yang tinggi.

Bagaimana dengan harganya?

Tenang, ASUS ZenPower hadir dengan harga yang terjangkau yakni Rp. 269.000. Kualitas terjamin dengan harga terjangkau? Ya ASUS ZenPower jawabannya. 

Saya sendiri sudah merasakan sendiri keunggulan ASUS ZenPower. Kamu kapan? :)


~ Ijaah ~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)