Monday, June 29, 2015

Cerita Ramadhan #11 : Perbaikan Atau Olok-Olok?


Entah mengapa, banyak orang yang melakukan olok-olok. Baik kepada pemerintah, orang yang ahli di bidang tertentu atau kepada kawan sendiri. Akupun termasuk bagian dari orang itu. Tanpa sengaja, aku seringkali mengolok-olok, padahal sebenarnya tidak berniat demikian.

Teringat tahun lalu, saat media sosial membicarakan tentang Pemilu, banyak orang yang membela habis-habisan idolanya dan mengolok-olok lawannya. Sayangnya, banyak orang tidak bijak dalam membicarakan Pemilu ini. Ada orang yang sekadar ikut-ikutan namun tak mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Salah satu orang yang semangat sekali mengkritisi adalah Jonru. Meski aku tahu niatnya baik, tapi cara menyampaikan kritiknya terlalu pedas sehingga memancing olok-olok dalam bentuk gelombang raksasa. Hingga akhirnya Jamil Azzaini urun tangan untuk menasihati Jonru agar tidak berlaku demikian.

Barangkali ada bermacam alasan mengapa orang melakukan kritik yang cenderung mengolok-olok kepada seseorang. Pertama karena gemas, kedua karena tidak suka, ketiga karena ingin melakukan perbaikan. Menurutku, alasan pertama dan kedua memiliki kecenderungan mengolok-olok murni. Namun tidak begitu dengan alasan kedua karena bisa jadi, niat orang tersebut bukanlah untuk mengolok-olok, namun untuk melakukan perbaikan. Hanya saja perbedaan ini sangatlah tipis.

Pagi ini, mari menjadi ahli ilmu yang bisa bedakan nasihat dengan ghibah, yang bisa memilah antara melakukan perbaikan dengan olok-olok. Salim A Fillah

Ya, marilah sama-sama kita belajar untuk membedakan antara perbaikan dan olok-olok, serta antara nasihat dan ghibah. Perbedaan mereka sangatlah tipis. Meski begitu kita bisa melatih diri agar bisa membedakan mereka.

Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. QS. Thaha (20) : 25-28

***

Ini adalah cerita kesebelas dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan

***

~ Ijaah ~

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...