Monday, June 22, 2015

Cerita Ramadhan #5 : Mensyukuri Nikmat



Segala puji bagi Allah. Kita telah memasuki hari ke-5 bulan Ramadhan. Ini artinya kita masih berada di 10 hari pertama Ramadhan. Sepuluh hari yang penuh akan rahmat Allah. Eh tapi, temanku mengartikan lain ...

Alhamdulillah ya, Zah... Lebaran 25 hari lagi..."

Tolong abaikan temanku ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan adalah layak untuk disyukuri. Di bulan ini, ada beragam kesempatan untuk beribadah dengan maksimal. Selain itu, kajian Islam dan pesantren kilat digelar di banyak tempat. Tak ketinggalan, kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga adalah hal yang sangat berharga.

Perihal doa mensyukuri nikmat, kita bisa menemukannya di Al-Qur'an. Kita hanya perlu membaca, menghafal dan meresapi maknanya. Bila kita sedang tilawah dan menemukan doa atau dzikir dalam Al-Qur'an, tandai ayatnya dan tulis di buku catatan.

Seperti halnya doa mensyukuri nikmat, kita bisa menemukan doanya dalam Surat An-Naml (27) ayat 19 :

Ya Tuhanku, anugerahilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai, dan masukanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang sholeh.

Ayat lain yang berupa doa mensyukuri nikmat terdapat dalam Surat Al-Ahqaf  (46) ayat 15 :


Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

Selain doa, terdapat pula contoh dzikir yang jumlahnya sangat banyak di Al-Qur'an. Beberapa contohnya terdapat pada Surat At-Taubah (9) ayat 129 :

Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy (singgasana) yang agung.

Juga Surat Ali-Imran (3) ayat 173 :

Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

Bersyukur bukan hanya berupa ucapan dan doa, namun juga aksi. Jika bersyukur karena diberi jabatan yang tinggi, lakukan pekerjaan dengan amanah dan sebaik-baiknya. Jika bersyukur karena diberi pekerjaan, lakukan setiap tugas dengan ikhlas dan maksimal. Nah ini, catatan untuk diriku. :D

Sebagai penutup, aku ingin memberitahu rahasia besar dalam hidupku bahwa rasa syukurku ternyata masih sangatlah rendah. Untuk itu, mari sama-sama berjuang dan memohon kekuatan kepada Allah untuk senantiasa bersyukur dalam ucap dan langkah. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bersyukur.

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah nikmat kepadamu, namun jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka pasti azab-Ku sangat berat. QS. Ibrahim : 7


***

Ini adalah cerita kelima dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan

***

~ Ijaah ~

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...