Cerita Ramadhan #15 : Rumah Sakit Internasional Berlandaskan Syariah

by - Friday, July 03, 2015


Ada sebuah Rumah Sakit Ibu dan Anak, berstandar internasional dan berlandaskan syariah. Itulah Jakarta Islamic Hospital (JIH) / RS Al-Fauzan. Rumah sakit ini terletak di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

JIH memiliki standar pelayanan dan pengobatan internasional. Maka tak heran banyak pasien yang merasa puas mendapat pengobatan di RS JIH. Meski JIH ini khusus untuk ibu dan anak, nyatanya banyak pasien pria dewasa yang dirawat di rumah sakit ini. Salah satunya adalah ayah dari Bunda Neno Warisman

Dalam sesi bincang syariah di salah satu televisi nasional, direktur JIH mengatakan bahwa JIH sangat fokus kepada pelayanan prima kepada pasien. Maka dari itu JIH memiliki beragam alat canggih dan tenaga profesional handal, sehingga RS ini mendapatkan standar internasional. 

Lalu, di bagian mana JIH ini menjalankan konsep syariah?

Ada beberapa poin yang disampaikan oleh direktur JIH. Diantaranya adalah:
  1. Memuliakan tamu/pasien. JIH memiliki staf yang ramah dan selalu sedia memberi pelayanan maksimal kepada pasien dan keluarga.
  2. Menyediakan tenaga medis sesuai dengan jenis kelamin. Misalnya dokter wanita untuk pasien wanita. Bila tidak terdapat dokter wanita yang kompeten untuk kasus tertentu, pasien boleh ditangani oleh dokter pria dengan catatan mahram wanita tersebut harus menemani.
  3. Mengucap Basmallah dalam setiap tindakan.
  4. Menjalankan roda ekonomi rumah sakit dengan pilihan Bank Syariah.
Berita baik ini tentu sangat menggembirakan. Semoga saja Rumah Sakit islam berstandar internasional semakin banyak di negeri ini :)



***

Ini adalah cerita ke-limabelas dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan

***

~ Ijaah ~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)