Wednesday, July 8, 2015

Cerita Ramadhan #19 : Hanya Pada-Nya


Jangan berharap kepada manusia karena kamu akan kecewa. Berharaplah hanya kepada Allah, karena Dia akan memberikan yang terbaik. Pasrahkan dan lepaskan dengan hatimu yang lapang. Gunakan hatimu, bukan akalmu. Berharaplah padanya, maka kamu akan mengerti jalan mana yang akan kamu tempuh.
***

Nasihat hidup tersebut adalah benar adanya. Aku telah lupa bahwa seharusnya aku tak boleh berharap pada manusia. Harapan yang kusematkan pada manusia, berubah bentuk menjadi rasa kesal dan kepedihan. Aku terlalu memaksa, menuntut, agar semua bisa terjadi sesuai yang kuinginkan. Aku lupa bahwa segalanya harus kuharapkan pada-Nya.

"dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (QS. Al-Insyirah : 8) 

Aku sadar bahwa harapku yang terlalu besar pada manusia, telah memberi kecewa pada diriku dan orang lain. Aku sadar bahwa aku salah. Aku sangat ingin memperbaiki harapku hanya pada-Nya. 

Kini kian aku sadari bahwa bersyukur, berpikir positif dan berharap adalah proses pembelajaran seumur hidup, sampai akhir hayat. Aku pun semakin yakin bahwa Tuhan Maha Baik. Begitu seringnya aku melupakan nikmat-Nya, mengeluh dan memaki kehidupan, Tuhan selalu memberi kesempatan padaku untuk bertaubat. Tiada yang lebih indah dari sebuah kesempatan yang datang dari Tuhan.

Sungguh, tiada yang lebih indah daripada kesempatan yang datang dari Tuhan... 
Sungguh, tiada yang lebih indah daripada kesempatan yang datang dari Tuhan...
Sungguh, tiada yang lebih indah daripada kesempatan yang datang dari Tuhan...


P.S. : Kepada siapapun yang pernah aku kecewakan, maafkan aku. Semoga Allah senantiasa merahmatimu.

***

Ini adalah cerita ke-sembilanbelas dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan

***

~ Ijaah ~

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...