Thursday, July 9, 2015

Cerita Ramadhan #21 : Hidup Bahagia



Yang membuat hidup ini bahagia adalah rasa syukur. Namun seringkali kita lupa. Saat melihat kehidupan orang lain yang tampak lebih baik dari kita, keluhan terucap dari diri. Mengapa aku tidak seperti mereka?

Kesalahan terbesar dalam diri manusia adalah salah memilih pembanding. Niat hati untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari orang lain, ujungnya malah memaki hidup sendiri. Jelas, ada yang harus diperbaiki disini.

Mulailah dengan bersyukur dan gunakan rumus 3M yaitu mengakui, menampakkan, mendekatkan. Akui dengan berucap rasa syukur kepada Tuhan, tampakkan rasa syukur dengan perilaku yang terbaik, niatkan bahwa segala yang ada dalam hidup kita adalah sarana untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Sesungguhnya jika kamu bersyukur. pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu ingkar maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim : 7)

Bersyukurlah, maka hidup akan bahagia. Dengan bersyukur, kita akan merasakan bahwa nikmat yang telah Allah berikan jumlahnya sangat banyak : nikmat yang tak pernah diminta, nikmat yang selalu mengalir pada diri.

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya tidaklah dapat kamu menghitungnya. (QS. Ibrahim : 34) 

Rumus lain untuk hidup bahagia adalah memilih pembanding dengan benar. Untuk urusan dunia, lihatlah ke bawah. Temukan seribu satu cara untuk bersyukur, mencinta Illahi dan menghargai diri sendiri. Sedang untuk urusan akhirat, lihatlah ke atas. Pelajari hikayat-hikayat agung Rasulullah, keluarga dan sahabatnya. Segala kemuliaan yang membuat diri ini malu. Betapa kurangnya taubat, syukur dan ibadah yang dilakukan.

Niatkan. Setiap ibadah yang kita lakukan adalah dalam rangka bersyukur, bukan berdagang. Berharaplah pada-Nya, bukan pada impian dan keinginan yang kita sematkan dalam doa-doa kita. Allah tahu yang terbaik untuk kita. Tugas kita adalah bersyukur, bersyukur dan bersyukur.

Semoga catatan ini bermanfaat dan bisa menjadi pengingat diri. Aamiin.


***

Ini adalah cerita ke-duapuluhsatu dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan

***

~ Ijaah ~

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...