Friday, July 10, 2015

Cerita Ramadhan #23 : Kesalahan Wanita Ada Pada Lisan



Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita." Mereka bertanya, "Mengapa demikian wahai Rasulullah? Beliau menjawab, "Karena kekufuran mereka." Ada yang bertanya kepada beliau, "Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?" Beliau menjawab, "Mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan suaminya. Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya dia akan berkata, "Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan pada dirimu. (HR Bukhari)


Ramadhan kali ini memberi pelajaran teramat berharga bagiku, bahwa jangan pernah mengingkari kebaikan orang lain. Rabbi, lidah dan hati ini teramat kotor, sehingga ucapan tidak pantas keluar dari lisanku. Semoga Engkau mengampuniku dan selalu memberkahi orang yang telah kusakiti. Sesungguhnya kebaikannya teramat besar. Sayangilah dia selalu dan berikan kehidupan yang jauh lebih baik baginya. Berikan pula keselamatan dunia akhirat baginya dan kesempatan untuk selalu berbuat kebaikan. 

Maafkan lidah dan hatiku, Ya Rabb. Sesungguhnya aku tidak mau lagi lisan ini menyakiti orang lain, terlebih pada kedua orang tuaku dan suamiku kelak. Lindungi aku dari hati yang gelisah dan sedih. Lindungi aku dari ucapan yang memberi sakit pada hati hamba-Mu. Ya Latief, lembutkan lidah dan hatiku. 


Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii...
Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii...
Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii... 
Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.

***

Ini adalah cerita ke-duapuluhtiga dari rangkaian Cerita Ramadhan yang ditulis selama bulan Ramadhan. Ini adalah tulisan muhasabah. Semoga Allah mengampuniku...

***

~ Ijaah ~


No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...