Friday, July 24, 2015

Elizabeth Bennet dan Gaun Cantiknya

Jika ditanya mengenai kisah percintaan yang paling kusukai, jawabannya adalah Pride and Prejudice. Jane Austen mampu dengan sukses membuatku berpikir bahwa suatu saat nanti, aku ingin memiliki suami seperti Mr. Darcy dan memiliki sikap tegas dan keberuntungan seperti Lizzy (Elizabeth).

Kemudian, jika ditanya mengenai film Pride and Prejudice mana yang paling kusuka, jawabannya adalah Pride and Prejudice versi 2005. Film yang disutradarai oleh Joe Wright ini adalah jelmaan novel Pride and Prejudice terbaik, setidaknya menurutku. Yang membuatku suka pada film ini adalah pemilihan karakter yang sesuai, Keira Knigtley sebagai Elizabeth yang cuek, Jena Malone dan Carey Mulligan sebagai Lydia dan Kitty yang ganjennya minta ampun, Rosamund Pike sebagai Jane yang sangat anggun dan Matthew Macfadyen yang tampan, kalem dan kaya. Belum lagi dengan adanya Donald Sutherland dan Brenda Blethyn yang semakin menambah kekayaan karakter hebat di film ini.

Selain itu, pemilihan kostum di film Pride and Prejudice versi 2005 lebih baik dibanding versi 1995. Aku sangat terinspirasi dari cara berpakaian Elizabeth (Keira) yang sangat cantik, anggun namun sederhana. Semua pakaian Elizabeth tertutup rapat, warnanya lembut, berhiaskan pita-pita cantik dan cocok untuk wanita berhijab sepertiku.

Oh gaun... <3

Semenjak menikmati film ini, aku langsung menyukai gaya berbusana abad ke-19 yang sangat sopan. Tak hanya itu, wanita di abad ke-19 sangatlah menjaga kehormatan dirinya. Mereka berpakaian sopan, tidak bersalaman dengan pria dan hormat pada suaminya. Sebuah karakter yang seharusnya dimiliki oleh setiap wanita di dunia ini.

Elizabeth dengan gaun sederhananya :)

Setiap kali Elizabeth berjalan, berdansa atau berlari, aku selalu memperhatikan gaun yang dikenakannya. Selalu suka saat gaun Elizabeth mengembang namun tidak terlihat bagian kakinya, karena ia memakai pakaian dalam sepanjang pakaian luarnya. Betapa wanita jaman dulu begitu menjaga harga diri mereka dengan berpakaian sangat sopan.

Elizabeth dan buku <3

Elizabeth dan saudari perempuannya menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas rumah tangga, bermain piano, menjahit, menyulam dan membaca bukuMereka juga belajar menggambar, berdansa dan menulis puisi. Sebuah keahlian yang sepatutnya dimiliki oleh wanita. Tuh kan keinginan untuk bisa bermain piano muncul lagi. :D

Selendang cantik <3

Gaya berbusana wanita abad ke-19 sangatlah memikat dan aku ingin sekali berbusana sehari-hari seperti itu. Saat kecil dulu, ibu pernah membuatkanku gaun seperti Lizzy dan aku sangat senang memakainya. Hingga sekarang, aku belum mempunyai gaun seperti itu lagi. Pakaianku kebanyakan gamis datar (bagian bawah tidak mengembang), rok-atasan dan celana-atasan. 

Baiklah, sepertinya aku harus menjahit sendiri gaun yang kuinginkan (hey yang menjahit bukan aku, tapi tukang jahit :p). Karena gaun yang ada dipasaran tidak banyak yang seperti gaun Lizzy. Selain itu warnanya terkadang terlalu mencolok dan hiasannya terlalu banyak. Aku ingin gaun yang sederhana dengan warna yang lembut.

Untuk teman-temanku, aku ingin bertanya. Kain apa yang harus kupilih untuk membuat gaun seperti Lizzy ini? Ada rekomendasi tukang jahit di Bandung yang bagus dan rapi untuk membuat gaun ini?

Suatu saat nanti, aku ingin sekali berpakaian seperti Lizzy di keseharianku: di rumah, di tempat kerja, pergi main, jalan-jalan. Tinggal pakai jilbab dan duh! aku ingin sekali seperti itu, setiap hari :').


~ Ijaah ~

2 comments :

  1. Keyra yang main Atonement bukan? Ah sepertinya aku harus download yang versi 2005 ini. Ijaah memang provokator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Keira. Cuman teteup aku lebih suka dia jadi Elizabeth Bennet. Cocooook banget :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...