Keep Calm and Find Mr. Darcy

by - Friday, July 24, 2015


You have bewitched me body and soul. And I love, I love you. I never wish to be parted from you from this day on. - Mr. Darcy 

Wanita mana yang tak luluh hatinya saat seorang pria berkata demikian? Adalah Elizabeth Bennet yang pernah mendengarnya. Perkataan itu, telah meruntuhkan segala prasangka buruk Elizabeth yang dialamatkan kepada Mr. Darcy. Lelaki itu, tak seburuk dan seangkuh yang dibayangkan Elizabeth. Lelaki itu, justru berbuat segalanya hanya untuk Elizabeth.


Faktanya adalah, kau sudah lelah menerima kesopanan, kehormatan, dan perhatian yang berlebihan. Kau sudah muak dengan para wanita yang berbicara, memandang, dan berusaha keras untuk mencari persetujuan darimu. Lalu aku datang, dan kau langsung tertarik karena aku sangat berbeda dari mereka. - Elizabeth Bennet

Pride and Prejudice. Darcy and Elizabeth. Jika dilihat dari sisi terluar, sulit rasanya menyatukan jiwa yang angkuh dan jiwa yang penuh prasangka. Karena cinta, keduanya menyingkirkan ego masing-masing. Karena cinta, Darcy melakukan segala sesuatu untuk Elizabeth. Karena pembuktian cinta Darcy, Elizabeth meruntuhkan segala prasangka buruknya selama ini dan menerima Darcy.


Kisah cinta ini, telah diceritakan dari generasi ke generasi. Dibukukan dalam beratus-ratus jilid. Difilmkan, dibuat serial Televisi, bahkan dibuat versi komedi dan horor.

Selain Elizabeth Bennet, karakter favoritku di novel dan film Pride and Prejudice adalah Mr. Darcy. Ia digambarkan sebagai sosok kaya, baik, kalem dan gagah. Darcy tidak banyak bicara, namun aksinya luar biasa. Meski Elizabeth tidak menyukai Darcy oleh sebab fitnah yang dikatakan oleh Mr. Wickham, Darcy tidak membenci Elizabeth. Justru sebaliknya, Darcy membantu keluarga Elizabeth untuk menemukan Lydia (adik Elizabeth) yang kabur dengan Mr. Wickham, bahkan membiayai pernikahan dan membelikan cincin pernikahan bagi Lydia.

Karakter Darcy telah menghipnotisku. Bahwa aku ingin sekali mempunyai suami seperti Darcy yang bertanggung jawab, berperangai baik, cerdas, sabar, mandiri, berpenghasilan baik dan penuh cinta. Keinginan ini tentu diamini oleh banyak wanita. Siapa yang tak ingin memiliki suami seperti Mr. Darcy?

Kenyataannya, untuk menemukan sosok Mr. Darcy di dunia ini, tak cukup hanya dengan mencari. Aku pun harus mempersiapkan diri menyambut lelaki itu dengan... sifat serupa yang kuinginkan dari sosok lelaki idamanku. Bukankah lelaki yang baik untuk perempuan yang baik?

Melihat Darcy dan Elizabeth, aku melihat persamaan di antara mereka. Keduanya adalah orang baik, sayang terhadap keluarga dan tidak berbelit-belit. Elizabeth bukan wanita yang gila harta dan Darcy mencari wanita yang demikian. Keduanya dipasangkan karena cinta, meski perbedaan sifat mereka yang bak bumi dan langit.

Aku belum menemukan sosok Mr. Darcy-ku, tapi aku yakin bahwa jodoh telah digariskan. Aku tahu bahwa Mr. Darcy-ku memiliki sifat yang berbeda sekali denganku. Namun karena cinta dan komunikasi, aku rasa perbedaan itu bisa dijembatani.

Baiklah, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri dan melakukan hal yang disukai. Karena tenang saja, InsyaAllah aku akan menemukan Mr. Darcy-ku.

Yup. Keep calm and you'll find your Mr. Darcy, Zah! :)

~ Ijaah ~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)