Friday, September 11, 2015

10 Istilah Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Fallout Shelter



Halo teman-teman!

Ijaah lagi pengen bahas game nih. Selama beberapa minggu ini, Ijaah lagi seneng banget main game produksi Bethesda Softworks, namanya Fallout Shelter. Apakah teman-teman sudah tahu? Atau ada yang sudah main?

Ijaah sendiri tahu Fallout Shelter dari App Store. Sejak kemunculan pertamanya, Fallout Shelter masuk ke dalam kategori Best New Game dan Editor's Choice di App Store. Bahkan per hari ini Ijaah cek, Fallout Shelter masih duduk manis di barisan Editor's Choice.

Bagi pengguna Apple, Fallout Shelter compatible pada perangkat iPhone atau iPad yang sudah iOS 8. Jadi game ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 5 ke atas, iPad 3 ke atas dan iPad mini 2 ke atas. Fallout Shelter terdapat juga di Android. Baik di App Store maupun Play Store, game ini dapat diunduh secara gratis.

Fallout Shelter menawarkan sensasi permainan yang berbeda. Oleh karena dunia telah hancur dan kacau akibat peperangan serta serangan nuklir, orang-orang mulai berpikir untuk membangun kehidupan dan komunitas di bawah tanah. Dalam permainan ini, kita diajak untuk bertindak sebagai Valut Overseer yang bertugas untuk membuat para Dwellers tetap bahagia. Juga menjaga para Dwellers dari serangan Radroach, Mole Rats, Deathclaws dan Raiders.
Apakah teman-teman bingung dengan istilah tersebut?
Baik. Ijaah akan memaparkan beberapa istilah yang perlu teman-teman ketahui saat bermain Fallout Shelter. Semoga postingan ini bermanfaat bagi teman-teman yang masih merasa bingung saat bermain Fallout Shelter.

Enjoy!



10 Istilah Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Fallout Shelter


1. OVERSEER

Saat bermain Fallout Shelter, kita bertindak sebagai Overseer/pengawas/pengendali (mirip Walikota). Overseer bertanggung jawab untuk membuat seluruh Dwellers di Vault bahagia dan memastikan cadangan listrik, makanan, air dan obat-obatan tercukupi. Selain itu, Overseer menjadi penentu posisi/pekerjaan Dweller di Vault (berdasarkan keahlian/SPECIAL masing-masing).


2.  VAULT-TEC


Vault-Tec bisa diibaratkan seperti pemerintah (cmiiw). Setiap harinya, Vault-Tec akan memberikan penilaian atas kinerja Overseer.


3. VAULT


Berdasarkan definisi, Vault berarti ruang besi atau banker. Vault dibangun di bawah tanah yang berbatu. Fungsinya sebagai tempat tinggal serta penyedia sumber kehidupan seperti listrik, makanan, air dan obat-obatan. Setiap Vault dihuni oleh Dweller yang memiliki SPECIAL/keahlian masing-masing. Contoh : Vault Power Generator membutuhkan Dweller dengan keahlian 'Strength' lebih tinggi.


4. WASTELAND


Ini adalah tempat dimana semua kehancuran berada. Dahulu, Wasteland adalah tempat yang dihuni oleh para Dwellers. Namun karena terjadi kekacauan, orang-orang mulai membangun kehidupan di bawah tanah (Vault). Sejak saat itu, dunia luar disebut sebagai Wasteland.


5. DWELLER


Jika Vault adalah tempatnya, maka Dweller adalah penghuninya. Setiap Dweller memiliki keahlian/SPECIAL sesuai bidang masing-masing. Buatlah Dweller selalu bahagia dengan menyediakan sumber daya yang cukup, membuat mereka tetap sehat, memberi pekerjaan sesuai SPECIAL masing-masing dan berkembang biak.


6. SPECIAL


SPECIAL adalah singkatan dari Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility, Luck. Setiap Dweller memiliki keahlian masing-masing. Pada gambar di atas, Virginia Grant memiliki keahlian 'Strength'. Maka Ia ditempatkan di Vault Power Generator atau Nuclear Reactor yang akan berjalan baik bila dikendalikan oleh Dweller yang memiliki keahlian 'Strength'.


7. CAPS dan LUNCHBOX


Untuk membangun Vault, kita membutuhkan CAPS (semacam uang). CAPS diperoleh dari reward harian serta kinerja setiap Dweller. Adapun Lunchbox adalah special reward yang didalamnya terdapat CAPS, weapon (senjata), outfits (pakaian), special Dwellers dan Mr. Handy. Lunchbox dapat diperoleh dari objective harian atau membelinya di Vault-Tec Shop.


8. STIMPACKS dan RADAWAYS



RadAways/Anti Radiasi digunakan bila parameter kesehatan Dweller menjadi merah (biasanya karena kekurangan suplai air). Sedang StimPacks adalah untuk menambah level kesehatan setiap Dweller (ditandai dengan warna hijau).


9. MR. HANDY


Robot ini membantu Overseer untuk men-collect CAPS. Juga membantu Dwellers untuk menghentikan serangan Radroach, Mole Rats, Deathclaw dan Raiders. Mr. Handy bisa diperoleh dari Lunchbox atau membelinya di Valut-Tec Shop.


10. RADROACH, RAIDERS, MOLE RATS, DEATHCLAWS


Overseer dan Dweller akan menghadapi serangan dari 4 musuh, yaitu:
  1. RadRoach : Hewan mirip kecoa raksasa ini muncul dari bawah tanah. Level : Sedang.
  2. Raiders : Musuh ini berwujud manusia. Mereka muncul dari Wasteland lalu masuk dengan cara paksa ke dalam Vault. Level : Sedang.
  3. Mole Rats : Hewan ini seperti tikus raksasa, muncul dari dalam tanah. Level : Bahaya.
  4. Deathclaws : Monster yang sangat ganas ini muncul dari Wasteland. Level : Sangat Bahaya.

Itu dia 10 istilah Fallout Shelter yang perlu kamu ketahui. Semoga postingan ini membantu bagi teman-teman yang ingin atau sedang bermain Fallout Shelter. Selanjutnya, Ijaah akan membagi tips cara untuk membuat Dweller tetap bahagia.
Baydewey, Dwellers-ku sekarang sudah mentok 200... Mau tahu caranya?
Ditunggu ya!


~ Ijaah ~

12 comments :

  1. huaaa.... asyik game-nya Zahra. Aku udah lama banget gak nge-game. Khawatir jadi ketagihan kayak dulu... ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Game nya asyik lho mba. Mainnya offline lagi :)

      Delete
  2. kayaknya Najin harus baca ini, seneng banget dia main game. game baru langsung tahu cara dan taktinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh :)
      Eh Najin bisa bahasa Indonesia?

      Delete
  3. Cheat Engine 999,999 Caps Fallout Shalter

    http://sukagameandroid.blogspot.co.id/2015/09/cheat-tips-dan-trik-fallout-shelter.html

    ReplyDelete
  4. Zahra cara agar dwellers ku bisa banyak gimana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti harus seimbang semua pasokan makanan, listrik dan air. nanti aku bikin post tersendiri ya :)

      Delete
  5. Zahra gmn carany dwellers yg hamil itu melahirkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditungguin aja mas, nanti lahir sendiri hehe. Yang penting adalah kalau ada wanita hamil, pasokan makanan dan air akan cepat berkurang. Jadi kalau restauran dan water treatmentnya blm banyak, wanita hamilnya jangan terlalu banyak ya.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...