Sunday, September 27, 2015

10 to 10 : Membuat Aplikasi Windows 10 Tanpa Coding


10 to 10 Female of The Future adalah workshop pembuatan aplikasi mobile khusus untuk perempuan yang tertarik pada dunia blog dan aplikasi. Workshop ini diadakan oleh Microsoft dan Id Geek Girls. Pada saat mengetahui acara ini, saya segera memutuskan untuk ikut serta. Pikiran saya sudah berkelana : saya ingin segera membuat aplikasi untuk blog ijaah.com!
Mobile Apps For Blogger? Big Yes!
Jenis aplikasi yang dimaksud dalam workshop ini adalah aplikasi website. Menjadi menarik, sebab kita tidak perlu memiliki keahlian coding untuk membuat aplikasi Windows 10. Kita hanya perlu masuk ke link appstudio.windows.com, kemudian ikuti langkahnya. Bagi siapapun yang mempunyai website atau blog, kalian bisa membuat aplikasinya di Windows.

Workshop ini berlangsung selama 12 jam, yaitu dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Setiap peserta wajib membawa laptop dan membuat akun di Microsoft. Selain itu, peserta diberikan goodie bag berupa jaket yang bertuliskan : I can't code but I created Windows 10 apps from 10 to 10.

Materi mengenai pembuatan aplikasi Windows 10 diberikan oleh Yugie Nugraha (Technical Evangelist Microsoft Indonesia dan Trainer penciptaan mobile app berpengalaman). Kami dipandu untuk membuat aplikasi Id Geek Girls di Windows 10. Ternyata waktu yang diperlukan untuk membuat aplikasi Id Geek Girls tidaklah lama, hanya 3 jam. Itu pun dengan banyak pertanyaan dan pengarahan.

Membuat aplikasi mobile di Windows 10 ternyata tidak sulit. Kita hanya perlu mengikuti langkahnya, kemudian bermain dengan RSS Feed, API Key, Client ID dan semacamnya. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah mempercantik tampilan aplikasi dan membuat logo.

Photo by : Febrianti Almeera

Ada sekitar 50 orang yang mengikuti workshop ini. Peserta dibagi ke dalam 11 kelompok yang ditugaskan untuk membuat aplikasi di Windows 10. Setiap kelompok harus membuat konten yang menarik serta dilengkapi foto dan video. Bagi kelompok yang berhasil membuat aplikasi terbaik, masing-masing anggota akan mendapatkan hadiah Nokia Lumia 1020 atau Lumia 1520. Wow!

Saya masuk ke dalam kelompok 10 bersama Ima Rochmawati, Made Devina dan Liiza Diana Manzil. Setelah berpikir panjang, kami memutuskan untuk memakai nama Gawai sebagai nama tim kami (Gawai adalah bahasa Indonesia untuk gadget).

Nama tim sudah terbentuk. Langkah selanjutnya adalah membuat konten, foto dan video. Ada banyak ide yang bermunculan, namun pada akhirnya kami memilih konten bertopik hobi, yaitu membaca. Tujuan kami memilih konten ini adalah untuk menyatukan para pecinta buku dalam satu komunitas, membuat gerakan 'Baca 1 Buku 1 Minggu', serta memajukan budaya literasi anak muda Indonesia.

Aplikasi yang kami buat bernama Matakubaca. Aplikasi ini berintegrasi dengan blog matakubaca.blogspot.co.id, tag #baca1buku1minggu di Instagram dan Twitter, serta search 'Komunitas Baca' di Youtube.



Dalam waktu kurang lebih 3.5 jam, kami harus membuat materi blog, foto buku, logo aplikasi dan video kegiatan Komunitas Matakubaca. Meski dengan kemampuan design dan videografi yang kurang, kami dapat menyelesaikan aplikasi Matakubaca dengan perasaan lega. Alhamdulillah.

Pukul 6 sore, setiap kelompok berhasil membuat aplikasi. Tahap selanjutnya adalah presentasi dan penjurian. Lalu, kelompok manakah yang berhasil mendapatkan Lumia 1020 dan Lumia 1520?

Nantikan kisah selanjutnya di Ijaah ya :)


~ Ijaah ~

21 comments :

  1. Ah Ijaah keren banget. Penget banget ikut kokakarya begituan. Jket dari goodie bagnya juga bagussss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukur banget bisa ikut acara kaya gini :) keren deh, terus gratis dan bertabur hadiah hihi.

      Delete
  2. bikin aplikasi windows emang udah gampang sih sekarang :D nggak kayak dulu, ribet coding sana sini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Fahmi. Alhamdulillah bisa dapet kesempatan untuk belajar bikin aplikasi ^^

      Delete
  3. Zahra, aaah kalian keren!!
    Sama aku juga blm bisa nglupain keseruan kemaren. :)

    ReplyDelete
  4. Jaketnya cakep juga. Warnanya kesukaanku... :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan jaketnya enakeun, warna dan font nya lucu. Ah bagus pokoknya ^_^

      Delete
  5. HOREEE KITA JUARAAAAA! HAHAHAHA *duh yang juara mah bisa ketawa-ketawa ya hehehe*

    ReplyDelete
  6. Wahhhhh, jadi pngin Coba. maklum selama ini klo bikin program masih suka otak atik coding bhakan ketagihan, hehehe. Selamat ya Zahra :) Alhamdullilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kerennya. Mba Zulfha bisa coding? Huaaaa

      Delete
  7. Alhamdulillah yaaa teehh event nya bermanfaat hehehe... Dapet hadiah pula! Semoga nggak kapok kalo saya ajak event2 selanjutnya yaah ^_^

    ReplyDelete
  8. Wah penting banget sering2 ada acara seperti ini krn banyak blogger cewek yg gaptek. Tp aku gak punya smartphone berbasis windows

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di laptop aja Mba Lusi, upgrade dulu windowsnya ke 10 :)

      Delete
  9. Jaketnya ituloh mbak sumpah keren dah, wkwkwk pengen banget ikut acara ginian, apalagi yang ngadain raksasa software tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaan... Semua jatuh hati sama jaketnya wkwk. Iya nih kami beruntung banget ikut workshop ini. Gratis pulak :D

      Delete
  10. Keren jaketnya :) & keren juga ternyata ga perlu mikirin coding ya buat bisa bikin aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! semua aspek di acara ini keren semua :)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...