Monday, September 28, 2015

11 Aplikasi Windows 10 Karya Mojang Bandung

Mojang Bandung di 10 to 10



Takjub.

Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan acara 10 to 10 bersama Id Geek Girls dan Microsoft. Beragam ide kreatif bermunculan di acara ini. Sedang para pelaku usaha menemukan alat untuk mengembangkan usahanya, yaitu aplikasi. Inilah Simbiosis Mutualisme, semua pihak yang terlibat mendapat manfaat.

10 to 10 Female of The Future adalah workshop teknologi khusus perempuan dan pertama di Bandung. Acara ini diadakan oleh Id Geek Girls dan Microsoft. Oya, Id Geek Girls adalah komunitas perempuan melek teknologi yang berpusat di Bandung.

Workshop pembuatan aplikasi Windows 10 ini berlangsung dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Selama 12 jam, terbentuklah 11 aplikasi dengan konsep yang unik dan beda. Seluruh peserta nampak bergembira karena berhasil membuat aplikasi. Setelah ini, tahap berikutnya adalah presentasi di depan para juri : Pak Anton (Microsoft), Sissy (Founder Id Geek Girls) dan Rani (Butterfield).

Tahap presentasi ini sangat menarik. Masing-masing kelompok mengirimkan perwakilannya untuk presentasi di depan semua juri dan peserta. Di sinilah saya melihat bahwa kreativitas, kemampuan speak up dan rasa percaya diri dari mojang Bandung sangatlah tinggi. Saya sangat bangga bisa berkenalan dan belajar dari mereka :).

Lalu, apa saja aplikasi yang berhasil diciptakan pada saat workshop 10 to 10 ini?

Ini dia!


11 APLIKASI KARYA MOJANG BANDUNG

1. Aplikasi Syamel dari Kel. Hafari

Syamel adalah akronim dari syair dan lagu. Aplikasi ini tentang musik. Di dalamnya kita bisa menemukan artikel, video dan foto mengenai musik.

2. Aplikasi Call MacGyver dari Kel. Setrong

Call MacGyver adalah aplikasi yang memudahkan wanita untuk menemukan tukang. Yang dimaksud tukang di sini adalah jenis tukang apapun. Misal tukang perbaikan pipa air, listrik dan lain sebagainya. Cara kerja aplikasi ini seperti Go-Jek : menemukan tukang terdekat dari tempat pemesanan. Presentasi Call MacGyver ini dibawakan oleh Febrianti Almeera. Sudah jelas bukan, bagaimana kerennya presentasi mereka?

3. Aplikasi Tidur Nyenyak dari Kel. Sleeping Beauty



Sleeping Beauty adalah aplikasi yang berisi materi, foto dan video tentang tidur. Aplikasi ini mengajak setiap pembaca untuk tidur nyenyak dan sehat.

4. Aplikasi Rendang Nendang dari Kel. Connected

Rendang Nendang adalah aplikasi yang memudahkan pecinta rendang di seluruh dunia untuk mendapatkan rendang. Kualitas rendang nendang sangat baik dan bisa tahan beberapa bulan tanpa pengawet. Meski dikirim ke luar negeri, kualitas rendang tetap terjaga. Dalam aplikasi ini kita dapat menemukan informasi, resep dan cara membuat rendang. Lengkap!

5. Aplikasi Check In dari Kel. Log In

Check In adalah aplikasi yang membantu user untuk menemukan rekomendasi kuliner dan lainnya. Presentasi kelompok ini disampaikan oleh Rani Kurniasih yang ternyata merupakan bagian dari usaha Bakso Boejangan. Wow!

6. Aplikasi Sajak TS dari Kel. Female, Fun, Fantastic

Sajak TS adalah aplikasi berisi puisi. Pengguna aplikasi ini dapat mengirimkan puisi lewat surel untuk selanjutnya dapat ditayangkan di aplikasi ini. Bagi kalian yang galau, marah, bahagia dan ingin menyalurkan isi hatinya dengan puisi, kirim saja karyanya ke sini.

7. Aplikasi MissBlogga dari Kel. MissBlogga

MissBlogga adalah aplikasi yang memudahkan wanita pecinta kelana untuk menemukan tempat yang aman dan ramah saat di perjalanan. Salah satu pembuat aplikasi ini adalah Muthia Bianda yang merupakan Google Student Ambassador dan mahasiswa STT Telkom jurusan IT.

8. Aplikasi Author Directory dari Kel. Sign Me Up

Author Directory adalah aplikasi panduan bagi siapa saja yang ingin menulis dengan baik dan benar. Di dalamnya terdapat materi mengenai kaidah penulisan. Contohnya : cara menggunakan kata imbuhan dengan benar. Presentasi aplikasi ini dibawakan oleh Langit Amaravati yang namanya sudah tak asing lagi di dunia literasi.

9. Aplikasi Art Fame dari Kel. Smart Female

Art Fame adalah aplikasi yang berisi karya seni rupa. Sangat cocok bagi pecinta seni.

10. Matakubaca dari Kel. Gawai


Inilah aplikasi yang dibuat oleh kelompok saya. Aplikasi ini terinspirasi dari blog Ima Rochmawati yaitu matakubaca.blogspot.co.id. Matakubaca adalah wadah bagi para pecinta buku untuk berkumpul dan berbagi cerita tentang buku. Dengan tagline 'Baca Satu Buku Satu Minggu', Matakubaca memiliki semangat tinggi untuk menggerakkan budaya literasi masyarakat Indonesia.

Melihat keunggulan kelompok lain dari segi design, kami telah menyiapkan diri untuk kalah karena aplikasi dan logo Matakubaca sangatlah sederhana. Namun semangat kami bangkit kembali saat seorang juri berkata:
Aplikasi ini bagus. Kita harus duduk bareng untuk mengembangkan aplikasi ini.

11. Aplikasi Wedding Casts dari Kel. Streaming

Wedding Casts adalah aplikasi bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Aplikasi ini dapat membantu user untuk menghitung budget pernikahan, memilih WO dan lain sebagainya.



PARA PEMENANG

Setelah semua kelompok mempresentasikan aplikasi buatannya, saya termenung. Betapa saya sangat beruntung bisa berada di tengah-tengah perempuan yang kreatif dan cerdas. Saya belajar banyak, utamanya memperbaiki hal yang kurang dari diri saya.

Dari 11 aplikasi yang telah dibuat, juri memutuskan 4 kelompok untuk menjadi juara. Mereka adalah :

1. BEST IDEA untuk Kel. Setrong dengan Aplikasi CALL MACGYVER
2. BEST CONTENT untuk Kel. Sign Me Up dengan Aplikasi AUTHOR DIRECTORY
3. BEST APPLICATION untuk Kel. Gawai dengan Aplikasi MATAKUBACA




Pada saat MC membacakan pemenang Best Application, saya dan rekan-rekan di Kel. Gawai setengah tidak percaya. Kami merasa tidak akan menang setelah melihat keunggulan tim lain.

Aplikasi Matakubaca terpilih menjadi pemenang Best Application karena memiliki konten yang bagus (menurut juri). Juga memiliki materi tulisan, foto dan video yang original (kami membuat semuanya sendiri pada saat itu).

Ketiga kelompok tersebut mendapatkan Vouche MAP senilai Rp. 500.000,- dan HP Nokia ASHA untuk masing-masing anggota kelompok. Alhamdulillah.

Sedangkan untuk pemenang utama adalah kelompok MissBlogga dengan Aplikasi MissBlogga. Masing-masing anggota berhak mendapatkan Nokia Lumia 1020 atau Lumia 1520. Selamat ya teman-teman :).


Alhamdulillah diberi kesempatan untuk mengikuti 10 to 10 Female of The Future sehingga saya bisa membuat aplikasi Windows 10. Saya juga belajar untuk bekerja sama, meramu kreativitas dan berpikir kreatif.

Oya saya mengikuti acara ini gratis, lho. Terimakasih kepada Id Geek Girls dan Microsoft yang telah memberikan ilmu berharga kepada kami. Langkah saya selanjutnya adalah melanjutkan pengembangan Matakubaca bersama rekan-rekan dan membuat aplikasi blog Ijaah.com :).


~ Ijaah ~

10 comments :

  1. Oh ini tohhh acaranya... keren ih Zahraaa...

    ReplyDelete
  2. keren-keren, aplikasinya bagus bagus idennya :D dikembangin lagi tuh harusnya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah. Iya mas. Aku dan teman2 pengen ngembangin lagi aplikasi Matakubaca ini :)

      Delete
  3. Mantep banget acaranya, Zahra... Mau dong dikirimin rendangnya... hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh boleh banget mba Ira. Unduh aja Apps Rendang Nendang di Windows 10, atau kalau mau cepet aku bisa bilang ke penjualnya. Dikirim ke Jerman tahan ini mah :)

      Delete
  4. aplikasinya keren2 dan jadi pengen nyoba semua aplikasinya, hehehe
    harus di window 10 ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...