KEBelajar : Basic Design For Infographic

6 comments:

Jujur, saya bukanlah blogger yang pandai mengambil gambar, mengedit foto, membuat logo atau desain. Saya adalah tipe blogger yang benar-benar mengandalkan tulisan, karena itulah yang saya bisa. Saya tidak begitu memikirkan foto dan video. Padahal, blog masa kini harus mampu bertransformasi dari sekedar tulisan menjadi konten visual. Pembaca berhak mendapatkan sajian visual (foto dan video) yang bagus. Hal itu juga dapat meningkatkan jumlah visitor di blog.

Setelah bergabung di grup Kumpulan Emak Blogger (KEB), saya terkagum pada emak-emak blogger yang tampilan blognya bagus dan beda. Satu hal yang saya lihat dari mereka adalah kreativitas. Para emak blogger ini mampu membuat header dengan sebegitu cantiknya, tampilan blog yang eye catching dan lain sebagainya.

KEB beranggotakan emak blogger yang melek teknologi, pandai menulis, mengambil foto, membuat infografis dan lainnya. Mereka juga sering berbaik hati memberikan tutorial atau blogging tips. Saya pribadi sering mengikuti tutorial Annisa Steviani, Tetty Hernowo dan Handdriati. Ketiganya turut andil dalam membuat tampilan Ijaah yang sekarang. Thanks mak!

Saya harus pandai mengoperasikan Photoshop! Itulah keinginan terbesar saya (saat ini). Saya melulu mengedit foto di Photoscape dan aplikasi lain di handphone. Namun masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelemahan, sedang Photoshop memiliki segalanya.

Keinginan untuk dapat mengoperasikan Photoshop semakin besar pada saat saya mengikuti workshop pembuatan aplikasi Windows 10. Kelompok lain benar-benar memiliki kemampuan desain yang bagus. Sedang kelompok kami biasa saja. Gemas!

Untung saja Allah memberi saya jalan untuk belajar Photoshop dari blogger yang tutorialnya sering saya ikuti : Annisa Steviani. Teh Icha akan menjadi mentor dalam KEBelajar : Basic Design For Infographic yang berlangsung di Digillife Dago. Yeay!

Teh Icha tak sendiri, ada mba Istiani Susanti yang juga menjadi mentor KEBelajar ini. Kreativitas dan keterampilan keduanya di Photoshop sudah tidak diragukan lagi. Lihatlah kreasi keduanya di blog annisast.com dan istiana.susanti.com.




Gambar di atas adalah infografis yang kami praktekan di KEBelajar. Sebagai seorang yang baru mengenal Photoshop, saya benar-benar antusias mengikuti semua langkah yang diberikan Teh Icha. Beberapa kali saya melakukan kesalahan dan meminta bantuan kepada Mba Isti. Saya bersenandika : dua ibu muda ini kreatif dan cerdas luar biasa!

Teh Icha dan Mba Isti mengajarkan kami basic design dalam pembuatan infografis. Bagi seorang pemula seperti saya, membuat infografis sederhana seperti ini saja lama sekali. Tapi tak mengapa, saya akan terbiasa jika sering latihan.

Infografis by Istiana

Untuk membuat infografis di atas, kita perlu memiliki daya imajinasi, kreativitas yang tinggi dan operasional Photoshop dan Power Point yang baik. Tunggu, Power Point?


Ya.

Mba Isti sering membuat infografis di Power Point dan mengedit foto/simbol di Photoshop. Waktu yang dibutuhkan oleh Mba Isti untuk membuat 1 infografis rata-rata 3 hari. Menurut saya, 3 hari adalah waktu yang cepat untuk membuat infografis semenarik ini. Ditambah dengan aktivitas ibu satu anak ini yang sibuk.

Setelah mempelajari dasar infografis, saya akan terus melatih diri untuk mengoperasikan Photoshop. Semoga setiap latihan yang saya lakukan menghasilkan karya yang bagus dan dapat dinikmati banyak orang. Aamiin.

Terimakasih kepada Kumpulan Emak Blogger yang telah menggelar KEBelajar infografis di Bandung.



~ Ijaah ~


6 comments:

  1. Emang bikin infographis itu lama. Jadi kebayang dong kalo deadliner kek aku yang sering ikut lomba mepet2 dan kudu wajib masukin infographis biar terlihat kekinian.. rrrr bisa begadaaaaaangggggggggg. Besoknya ke kantor kesiangan, hahaha. But it's worthed mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mba Vita. Energi bikin tulisan buat lomba yang mana kudu ada infografis (biar bagus) itu berhari2 :D

      Delete
  2. Sedih banget gak jadi ikutan, soalnya ada jadwal kuliah yang gak bisa ditinggal huhu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :( tapi Tia mah udah jago bikin yg kaya gini :)

      Delete
  3. infografik sangat diperlukan, bikin analisa dulu, data baru grafisnya..saya juga ngajari beginian ke mahasiswa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah pak? Wah Zahra seneng banget bisa kenal dengan bapak. Boleh ya nanti Zahra tanya-tanya tentang infografis hehe.

      Delete

Thank you for visiting ijaah.com! Kindly drop your comments here and let's discuss! :)

Follow me on Instagram