Wednesday, September 9, 2015

Suka Duka Ubah Kolom Komentar


Source : Freepik


Sekitar 5 bulan lalu, aku baru sadar bahwa ada yang 'salah' di blog ijaah.com. Beberapa teman ada yang tidak bisa komentar di Ijaah. Kemudian ada lagi blogger yang tidak bisa menitipkan link saat berkomentar. Sebenarnya sejak awal mendengar 'keluhan' itu, aku sadar harus melakukan perubahan pada setting kolom komentar. Tapi, saat itu aku belum mau merubahnya.

Aku baru menggunakan Blogspot pada Januari 2015. Sebelumnya, Ijaah menetap di Wordpress dengan tema yang menurutku sangat bagus. Selama dua tahun di Wordpress, Ijaah harus rela pindah ke Blogspot karena rumah Wordpress-nya di suspend. Sebenarnya aku bisa mempertahankan Ijaah di Wordpress, asal membayar lebih. Namun setelah ditimbang-timbang, akhirnya aku memutuskan untuk pindah ke Blogspot.

| Baca juga : Blogger: Rumah Baru Ijaah

Pindah ke Blogspot menyebabkan semua komentar di Ijaah hilang. Sedih? Tentu saja. Komentar teman-teman yang penuh apresiasi dan semangat itu tak ada lagi. Aku merangkak lagi untuk membangun Ijaah.

Rupanya kesedihan akibat hilangnya komentar di Ijaah terulang kembali. Sejak Januari 2015, Ijaah menggunakan kolom komentar G+. Hal ini menyebabkan teman-teman blogger tidak dapat menitipkan link pada saat komentar di Ijaah. Karena banyaknya rongrongan dari beberapa teman tersebut, akhirnya aku mengubah setting komentar menjadi 'anyone'. Tapi ternyata perubahan itu menyebabkan semua komentar di Ijaah (kolom komentar G+) hilang.

Tidak ingin sedih untuk yang kedua kalinya, aku mengembalikan setting komentar seperti awal. Pada saat itu aku berpikir bahwa rasanya tidak begitu krusial jika kolom komentarnya tetap G+. Toh salah satu hijab blogger ternama Indonesia menggunakan kolom komentar G+.

Pendapatku itu tidak bertahan lama. Pada saat mengikuti workshop Fun Blogging bersama Shintaries, aku bertanya perihal kolom komentar di Blogspot.

  1. Mana yang lebih baik. Kolom komentar G+ atau anyone?
  2. Apakah ada kode atau widget yang bisa menggabungkan kolom komentar G+ dan anyone? Sehingga komentar di G+ bisa tetap muncul, meski saya merubah setting komentar menjadi anyone.
Jawabannya sudah bisa ditebak.
  1. Anyone
  2. Belum ada

Jawaban mba Shintaris membuatku pucat. Baiklah, aku harus merubah kolom komentar SEKARANG. Aku harus merelakan semua komentar di G+ hilang SEKARANG. Jika dinanti-nanti, rasa sakitnya makin bertambah-tambah. (sakitnya sama kaya masih cinta sama mantan LOL)

Setelah merubah setting komentar menjadi 'anyone', aku menghibur diri bahwa aku sudah move forward untuk menyambut masa depan yang lebih cerah. InsyaAllah, teman-teman blogger tidak akan kesulitan lagi komentar di blog Ijaah. Kalau masih sulit, tolong dicek sinyal internetnya, barangkali lagi galau.

Meski sudah move forward, rasa sedih karena komentar hilang tetap ada. Karena tidak adanya komentar membuat ijaah kelihatan seperti sepi pengunjung. Contohnya saja seperti komentar di bawah ini:

*nangis di pojokan*

Sebenarnya ada sekitar 10 lebih komentar di blogpost itu. Namun karena aku mengubahnya menjadi 'anyone', semua komentar hilang. Lalu datanglah mas-mas blogger itu (Halo, Mas! :D) dan mengatakan : "Alhamdulillah bisa pertamax komeng." Padahal, komentar beliau bukanlah yang pertama. Namun karena hilang, seakan-akan komentar mas itu adalah yang pertamax. Syedih...

Baiklah. Daripada melulu sedih, barangkali ada pembaca disini yang ingin mengetahui bagaimana setting komentar menjadi anyone. Bagi yang sudah tahu, kalian bisa skip tulisan di bawah ini. Tapi, jangan lupa tinggalkan komen kalian di kolom komentar baru ya! LOL


Ubah Setting Komentar Menjadi 'Anyone'

Ada yang tampilan dashboardnya seperti ini? Merasa bingung karena tidak ada opsi 'Comments' di dashboard-nya?

Gambar 1

Jika jawabannya YA, maka bisa ditebak bahwa kolom komentarnya seperti ini.

Gambar 2

Lalu setting Post and comments nya seperti ini :

Gambar 3

Jika tampilan blog seperti yang terdapat pada Gambar 2 dan Gambar 3, berarti setting komennya masih G+, belum anyone. Lalu,  bagaimana mengubahnya?


1. Buka Dashboard. Klik Google +

Gambar4

Gambar 4 adalah setting komentar G+. Untuk mengubahnya menjadi anyone, lihat Gambar 5.

Gambar 5

Untuk memunculkan opsi 'Comments', centang hanya pada 2 opsi (abaikan opsi : use G+ Comments).



2. Klik Settings -> Posts and comments


Setelah memunculkan opsi Comments, tampilan dashboardnya jadi seperti ini :

Gambar 6

Untuk mengatur siapa saja yang boleh komentar, moderasi dan tulisan di kolom komentar, klik Settings lalu klik Post and Comments.

Gambar 6

Untuk mengubah setting komentar menjadi anyone (ada Name+URL), centang opsi 'Anyone'. Jika ingin setiap komentar yang masuk disaring terlebih dahulu, klik Always pada Comment Moderation.

Baiklah. Itu dia cara untuk merubah setting komentar menjadi anyone. Sekarang, siapaun bisa komentar sembari menitipkan link di ijaah.com.

Huray tapi masih ada ngenes sedikit :D

Meski merasa agak sedih saat semua komentar hilang (lagi), tapi setidaknya Ijaah sudah memberi ruang untuk teman-teman menitipkan link saat berkomentar di postingan Ijaah. Hal ini juga memudahkanku untuk berkunjung balik ke blog teman-teman.

Ya, itulah suka dukaku saat mengubah pengaturan kolom komentar. Kalau kamu, pernah mengalami hal seperti ini?



~ Ijaah ~

53 comments :

  1. Gembira sekaligus ikut sedih dengan perubahan ini. Tapi memang sejak awal Zahra migrasi ke Blogspot, mbak dan teman-teman sudah menyampaikan keluhan tentang hal ini ya. Cuma memang saat itu masih berusaha menerima, karena haknya Zahra untuk menyeting kolom komentar menggunakan G+ atau seperti yang sekarang ini. Jadi waktu itu sebagai pembaca blog Zahra, mbak juga fine fine saja. Kalau pada akhirnya Zahra mulai sadar (berkat ilmu dari mbak Shintaries) ya itu sesuatu yang baik juga hihi

    Jadi sekarang komentar yang pernah masuk sebelumnya hilang ya Zahra. Mulai lagi dari awal. Tapi itu lebih baik, karena rentang waktu ke depan masih lebih panjang untuk blog Ijaah.com

    Happy blogging. Keep shining :)

    ReplyDelete
  2. Nah ini sekarang udah bagus mbak kolom komentarnya. Tapi kalau mau nyoba yang lebih joss lagi sih bisa pake disqua sih.

    Tetap semangat ngeblognya, semangat ngumpulin butiran debu, eh butiran komentar lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bimo. Thanks ya udah mampir :)
      Oya kira-kira kalau aku ubah jadi disqua, komentar yang sekarang ada hilang lagi gak?

      Delete
  3. Kenapa aku fokusnya ke bagian 'masih cinta sama mantan'
    #eh #kemudiandikeplakIjaah:D

    Matur suwun ya neng. Ilmunya bermanfaat banget..:*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami mbak Lia :P
      Eh, blognya udah update lagi :)

      Delete
  4. pertanyaan yang sama juga pernah saya ajukan waktu ikut FB sesi 3. untungnya saya emang belum rubah ke G+, sih hehehe

    ReplyDelete
  5. aku masih G+ Ijaaaah. Dan, hiks, kok belum berani ubah lagi yak Hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bundasidqi itu ya mba? Iya sih sayang banget ya. Secara tiap postingan banyak banget komennya :( Etapi kan mba masih ada blog bukanbocahbiasa, jadi meski komen hilang di bundasidqi, masih ada gt yang di b3 hehe

      Delete
  6. Iyak, memang paling sip pake kolom komentar seperti ini ya Ijaah, biar semua bisa gampang meninggalkan identitas blognya. Siapa tau ada pembaca blog Ijaah yang berkenan mampir juga ke para komentator itu dengan klik link url blog yg sudah terpasang di identitas komentator. Biar bisa saling mengunjungi lah ya istilah gampangnya :)
    Oya, komentar dari wordpress bisa loh dipindahin saat migrasi ke blogspot. Saya pernah migrasi dr wp gratisan ke blogspot karena klo mau bikin dotcom kan selangit tuh bayarnya hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mba? Huhu. Kemarin itu beneran susah dipindahinnya dari wp (apa karena sudah berbayar ya?)

      Delete
  7. Salam kenal ^^
    Saya juga sempat melalui proses pemikiran panjang #hadeuh dalam menentukan akses komentar. Tapi dari awal sih ngga pake G+, hanya membatasi pengguna Google ID, namun setelah banyak baca tulisan para blogger yang perlu eksistensi (termasuk saya) dengan pamer Name/URL, jadilah saya juga mengizinkan ada anonymous di kolom komentar. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Teh Noniq, salam kenal juga ^^
      Oya kalau gt komen terdahulu gak hilang ya hehe

      Delete
  8. kolom komentarku juga pernah hilang tapi akhirnya bisa kembali lagi setelah aku setting ulang.. hehe ini namanya trial and eror mbak kalau ga ada kesulitan ga bisa belajar hal baru :D

    ReplyDelete
  9. Hehehe iya sih.. beberapa kali ngalamin gagal komen waktu Zahra pake G+ kemaren..
    Kolom komentar udah diganti, trus sandal ama mantan apa kabarnya, Neng? Huahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandal sih udah ganti mba. Kalau mantan? Mmm jangan ada lagi mantan di antara kita deh ^^'

      Delete
  10. Alhamdullilah info menarik, asyikkk lah nggak G+ aja.

    kayaknya berhubungan ya natara komen sama mantan, hehehe Hapus semua ..... gigit sandal :)

    ReplyDelete
  11. Yeaaayyyyy..akhirnya bisa komen di mari.
    Setuju dengan apa yang dikatakan mb Sinta Jah. Mencentang 'anyone' untuk kolom komentar blog kita itu menandakan kita nggak ekskulif. Siapa saja bisa komen asal sopan, ya kan?
    Selamat ya Ijaaaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Eki. Akhirnya mba Eki bisa komen di blogku haha ^^

      Delete
  12. Emang lebih nyaman pakai model komen kayak gini, Zahra. Yang dulu aku hanya komen kalau sedang login G+. Kadang udah mampir ke blog Zahra, mau komen, baru ingat, yaa... aku sedang pakai akun yang laen.. Sandalnya jangan digigit-gigit, dong. Buat aku ajah.... hehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu hihi. Alhamdulillah jika memudahkan untuk komen :)

      Delete
  13. Duluu sempat tergoda ingin pake komen G+, tapi setelah tahu kalo formatnya diubah komennya ikut hilang langsung ilfeel deh :D

    ReplyDelete
  14. Mending pake yang biasa aja lah mak.. biar semua bisa komen. Hihihi

    ReplyDelete
  15. apaaa? semua komenku di ijaah.com ilaang? *lebay..hihihi ngga apa2 zahra, nanti juga jadi banyak yaa komennya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak lebay kok mba. Aku merasa ada temen yang ikut sedih saat semua komen ilang haha

      Delete
  16. Bermanfaat banget infonya. Langsung dipraktekiiin ^^

    ReplyDelete
  17. semangat yaaa, abis ini pasti lebih banyak lagi yang komen :D

    ReplyDelete
  18. Apapun jenis kotak komennya yang penting blognya update terus :)
    tapi emang ga enak si kehilangan komen yang udah segitu banyaknya, dulu sy juga pernah pas pindah dari blogspot ke wp tapi ya sudah mau gimana udah terlanjur :)

    ReplyDelete
  19. waahh keren banget tuh kak desainnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmm nganu.. ambil dari freepik trus diolah sedikit :D

      Delete
  20. Mbak... gimana bikin engagenya jd 5 biji mbak, saya cuma 4 ... gimana cara edit scriptnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pilihannya kok mas. Coba cek lagi

      Delete
    2. Sip mbak nanti tius coba.. mudaha2an bisa,
      jgn bosan bagi2 tipsnya ya mbak ;)

      Delete
    3. Sip mbak nanti tius coba.. mudaha2an bisa,
      jgn bosan bagi2 tipsnya ya mbak ;)

      Delete
    4. Tetap ga nemu settingannya mbak:(

      Delete
    5. Ogt ya mas. Haduh sori tapi aku bisa jadi 5 sih mas. Aku belum liat lagi settingan engageya nya

      Delete
    6. gapapa mbak.. ntar kalo ada waktu minta tolong cek ya mbak... kalo mbak sempat dan ingat saja :)

      Delete
  21. menarik sekali ni artikelnya,,

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...