Pernikahan Impian Ijaah

by - Saturday, October 31, 2015

Setiap perempuan di belahan bumi manapun pasti memiliki pernikahan impian tersendiri. Tak terkecuali diriku. Pasalnya, menikah adalah proses penyatuan dua insan yang penuh kesakralan. Pernikahan juga selalu menjadikan mempelai wanita seperti ratu dalam istana cinta *uhuk*. Oleh karena itu pikiranku sering bertanya, akan seperti apa konsep pernikahanku nanti? Apakah berkonsep fairytale, garden party, atau sit down dinner?

Karena terlahir sebagai orang Sunda, konsep pernikahan yang kuimpikan adalah pernikahan adat Sunda dengan sentuhan Islami. Aku tetap ingin mengikuti rangkaian adat Sunda dari mulai pilihan gaun, riasan, upacara adat dan musik. Namun harus ada unsur Islami di pernikahanku nanti. Konsep pernikahan impian ini terinspirasi dari pernikahan teman-temanku, juga dari video pernikahan yang tersebar di Youtube.

Lalu, seperti apakah konsep pernikahan Sunda - islami yang kumaksud?


1. Gaun Pernikahan Syar'i dan Riasan Natural

Gaun pernikahan impian <3

Momen suci harus dirayakan dengan cara yang baik. Aku tidak mau memakai gaun pernikahan yang ketat sehingga membentuk lekuk tubuh. Aku juga tidak mau memakai kerudung yang kainnya tidak menutupi dada. Untuk itulah aku memilih gaun pernikahan syar'i. 

Cukup dua gaun saja yang kusediakan saat pernikahan nanti. Pertama adalah pada saat akad. Aku memilih gaun tradisional Sunda berwarna putih dengan sentuhan batik di bagian bawah. Pada saat resepsi, aku memilih gaun yang berkonsep lebih modern : gaun brokat berlapis sebagai dalaman dan kain chiffon sebagai luaran. Pilihan warna gaun untuk resepsi bisa disesuaikan nanti dengan calon pasangan, namun warna yang dipilih haruslah warna-warna yang lembut dan kalem.

Jilbab untuk kedua gaunku haruslah menutupi dada. Aku tak ingin model jilbab melilit leher yang kemudian ada tambahan kain di dada. Pilihan jilbab yang kumaksud adalah jilbab lebar dengan model seperti biasa saja, namun tetap diberi hiasan di kepala (juga siger -mahkota adat Sunda-) sehingga kesan ratu akan tetap terlihat.

Perihal riasan, aku tetap ingin dirias dengan kesan natural. Memang sih banyak orang bilang jika pengantin itu harus terkesan glamor dalam riasan. Tapi bukankah natural makeup tetap dapat memberi kesan cantik dan elegan? Coba lihat pernikahan Risty Tagor, Sefira Meyda atau pernikahan-pernikahan orang 'bule'. Riasan mereka natural dan tetap terlihat cantik.


2. Degung Sunda Live


Salah satu hal yang membuatku bosan berada di pernikahan adalah musik yang disajikan (baca : dangdut). Aku seringkali terganggu dengan kehebohan para penyanyi juga lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Katanya pernikahan itu momen bahagia, tapi kenapa lagu yang dinyanyikan bernada sedih?

Sebenarnya aku masih mengizinkan ada band dalam pernikahanku, hanya saja aku harus memastikan bahwa lagu yang mereka bawakan itu adalah lagu bahagia dan berunsur musik jazz. Aku juga harus memastikan bahwa penyanyi lagu tersebut berpakaian sopan. 

Untuk mencegah hal-hal tidak kuinginkan jika aku memilih band, akhirnya aku memilih Degung Sunda yang dimainkan secara live (instrumental dan shalawat). Alunan musik yang merdu akan semakin menambah syahdu. Degung Sunda semakin menonjolkan unsur Sunda dalam pernikahanku nanti.


3. Mapag Panganten

 

Mapag (jemput) Panganten (Pengantin) adalah salah satu ritual yang menjadi bagian dari seluruh rangkaian upacara adat perkawinan Sunda. Upacara ini dilakukan pada saat resepsi pernikahan. Ada berbagai atraksi seni dalam Mapag Panganten yakni Tari Merak, seni karawitan dan bodoran (komedi). Hal unik yang ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan adalah Ki Lengser. Sosok berwajah tua yang seringkali membuat tamu undangan tertawa ini akan memandu pengantin menuju pelaminan.

Sebagai catatan, aku ingin penari merak di pernikahanku nanti lengannya tertutup. Karena di beberapa pernikahan masih ada yang bagian lengannya terbuka. 

Itulah 3 unsur penting yang ada dalam konsep pernikahan Sunda - islami yang kupilih. Hal-hal seperti dekorasi, apakah gedung/tidak, katering, undangan dan souvenir bisa dibicarakan nanti.

Hal penting lain yang harus kuperhatikan adalah FOTO. Aku ingin memilih vendor foto wedding bandung yang pandai mengambil foto kami berdua secara sembunyi-sembunyi. Sepertinya menarik melihat ekspresi bahagia aku dan pasangan yang tampak natural dan apa adanya, tanpa harus diberi arahan oleh fotografer :)

Selain itu aku ingin difoto dengan gaya konyol atau levitasi bersama pasangan. Seru! Hal-hal seperti ini yang menurutku bisa memecah kecanggungan di antara kami berdua. Hehe...




Yup. Itu dia pernikahan impian ala Ijaah. Oya tambahan. Pernikahanku tidak harus mewah. Yang terpenting adalah bahwa akad dan resepsi pernikahan bisa membuatku semakin paham dengan posisi baru yang kuemban. Aku harus mendengar nasihat pernikahan pada saat akad, aku harus memahami bahagia juga rasa haru kedua orang tuaku, aku harus yakin bahwa perjumpaan yang melahirkan pernikahan ini adalah karena-Nya. Sehingga pernikahan menjadi momen penuh rasa syukur, penuh kebahagiaan.



~ Ijaah ~


Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Pernikahan dan Souvenir.

You May Also Like

47 comments

  1. Waaaaahhh.. Aku jadi ga sabar liat zahraa menikah nanti...
    Semoga disegerakan bertemu jodoh pilihan Allah..
    Dan nanti aku turun langsung ya fotoin zahraa ihihi ..
    Makasih ya zahra partisipasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik alhamdulillah difotoin langsung sama masternya :*

      Hatur nuhun Yas, sahabatku :)

      Delete
  2. cihuy ijah, ini bukan kode buat siapa-siapa kan jah? :P semoga terwujud yaaaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kode buat yang bikin GA biar aku menang teh hahaha :D

      Delete
  3. Asiiik. Aku juga kalo merit ga mau ada adegan mesra pas foto prewed. Tar lah pegangan nya mah kalau udah sah hehehee. Lucu ya pose ala-ala levitasi gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul teteh. Kalau mau prewed ya jgn pegang2. Tp aku sendiri kayaknya gak akan pake prewed deh. Tp gmn ntr aja hihi

      Delete
  4. aahh..ga kuat pengen lihat ijah merit ..
    pengen jadi pager layu dan siyap live tuit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh... Itu gak salah jadi pager ayu teeeehhh :o

      Iya masih cocok sih.... Mmm tp gak usah live tweet lah. Bingung hadiah buat pemenang live tweet nya apa :o hahaha

      Delete
  5. Like This!! Semoga Sakina Mawwadah Wa Rahmah dan selalu Harmonis... amiinn

    ReplyDelete
  6. Niat dan konsep sudah dibulatkan. Semoga Allah mempersinggungkan dengan calon imam impian ijah..dengan segera. Can't wait. Nawarin diri jadi WO nya ahh..hahahaha

    ReplyDelete
  7. Moga pernikahan impiannya kesampaian yaaa

    ReplyDelete
  8. indah banget pernikahan impianmu ijah, semgoa disegerakan ya aamiin, aku suka kebayanya, cantiik...dulu pas nikahan aku juga pakai ki lengser sama tarian rampak gendang hihi sunda pisaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youu mba... :*
      Oh... mba Dedew itu ada keturunan Sunda juga?

      Delete
  9. semoga di pertemukan dengan jodohnya..jadi keluarga sakinah mawadah warrohmah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih banyak Pak Dhanang ^_^

      Delete
    2. waduh di panggil pak, jadi berasa tua dong saya jah.. :))

      Delete
  10. teteh.. ntar kirimin undangan dan tiket ke bandung ya teh. :D
    ditungguin loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heumppph... Jauh kali Aceh - Bandung... Disuruh ngongkosin pula ~.~

      Delete
  11. Aku juga mimpi pake gaun kayak yang pertama, ala-ala Oki Setiana di video clip Wanita Syurga Bidadari Dunia. Ilegan gitu Jah. Semoga terkabul, aamiiin insyaAllah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ogitu ya. Sempet liat gaun pengantin OSD di pernikahannya. Cuman aku gak begitu suka karena agak ribet detailnya. Pengen yang simpel aja seperti yang di atas :D

      Delete
  12. mantab teh, semoga terkabul Aamin..
    cuman bisa bantu do'a xixixi..
    salam kenal
    sutopo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih mas sudah mampir ke ijaah :)

      Delete
  13. Konsep yg sangat kerennn...
    Islami dan adat sunda
    Semoga impian pernikahanmu terkabul
    Dan yg penting Sakinah Mawaddah Warohmah..aminn

    ReplyDelete
  14. Hmm ... sederhana juga orangnya. Semoga segera terkabul mimpinya ;)

    ReplyDelete
  15. Semoga impiannya terkabul yaa mbak..
    Apalagi ada kebaikan yg diselipkan ..
    Aamiin

    Mbak aku izin ngambil gambarnya yaa yg gaunn islaami hhe ...buat referensi suati hari jika ada yg tlh mengetuk pintu rumah hehehe

    Salam kenal mba Zahra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mba ^_^ Saya juga mengambil gambar tsb dari internet.

      Terimakasih sudah mampir dan mendoakan. Salam kenal juga Mba :)

      Delete
  16. Semoga impiannya terwujud :) karena pernikahan momen yang cuma pengen dirasain sekali seumur hidup jadi bakalan seru tuh kalau dibikin sesuai dengan yang kita mau.

    ReplyDelete
  17. Btw, udah ketemu jodohnya mbak?

    ReplyDelete
  18. salam kenal, Semoga impiannya terkabul yaa teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsep pernikahan yang bagus semoga impiannya tercapai teh zahra, turut ikut mendoakan semoga impiannya tercapai dan mendapat berkah dan ridlo dari allah.. amin,

      Delete
  19. Belum pernah menghadiri pernikahan orang sunda, soalnya asli jawa. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pernah 2 kali menghadiri upacara pernikaha adat jawa :)

      Delete
  20. Foto yang paling atas bikin pengen nikah lagi,,,, #OoOoO

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto postwedding aja mba pake busana itu hehe :')

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)