Saturday, October 17, 2015

Tentang Pernikahan

Semakin dewasa saya sadar bahwa pernikahan bukan melulu soal happily ever after. Pernikahan tidak selalu dihiasi dengan kebahagiaan. Ada proses adaptasi dengan pasangan yang acapkali menimbulkan pertengkaran. Ada juga kekecewaan karena nyataannya pasangan kita tidaklah sehebat yang diharapkan. Untuk itulah mengapa pernikahan disebut sebagai ibadah. Sabar, ikhlas dan toleransi menjadi kunci sehatnya pernikahan.

| Baca juga : Alicia Nash : Aku Kan Setia Padamu, Sampai Kapanpun

Telah banyak kisah tentang pernikahan yang saya dengar. Ada yang bahagia, ada yang sedih dan ada yang tidak memperdulikan. Semakin dewasa, hidup memperlihatkan bahwa pernikahan bisa membawa manusia pada dua gerbang kehidupan : semakin baik atau semakin buruk. Maka benar adanya nasihat itu.
Pilih pasangan hidupmu dengan bijak. Perhatikan fisik, agama, akhlak, keluarga dan caranya bersosialisasi. Apakah sifatnya kau sukai? Apakah hatimu yakin padanya?
 Dalam hidup, ada 3 fase kritis manusia dalam menjelang dan menjalani Quarter Life Crisis :
  1. Krisis ketika menentukan pendidikan
  2. Krisis ketika menentukan profesi dalam pekerjaan
  3. Krisis ketika menentukan pasangan hidup
Pilihan yang kita ambil dalam 3 fase kritis tersebut akan membawa dampak besar dalam hidup kita seterusnya. Pada setiap keputusan yang diambil, kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Namun ingat. Bila keputusan yang kita ambil di masa lalu tidak membuat hidup menjadi lebih baik, janganlah menyesalinya. Pahami keadaan dan petik pelajaran pentingnya.

Ada yang dimudahkan, ada yang harus melalui jalan berkelok nan penuh kerikil untuk menemukan pasangan hidup. Ada yang setelah menikah menjadi lebih bahagia, ada yang beban hidupnya semakin bertambah.

Teringat kisah seorang kawan tentang hidupnya yang penuh kepedihan setelah menikah. Tak baik saya menuliskannya di sini. Namun pesan penting yang perlu kita ketahui bersama adalah : jumlah waktu yang kita habiskan untuk mengenali calon pasangan, belum tentu menjamin pengetahuan dan pemahaman karakter pasangan secara utuh.

Ada yang setelah menikah hidupnya penuh kebahagiaan. Misal saja kisah cinta kawan lama saya yang seperti Cinderella. Ia dipinang oleh anak dari pemilik salah satu perusahaan di Malaysia, tempat Ia dulu bekerja sebagai TKI ilegal. Kisah cintanya begitu romantis. Kawan saya ini memutuskan untuk kabur dan kembali ke Indonesia karena takut akan statusnya yang ilegal. Ternyata, putra pemilik perusahaan itu mencarinya hingga ke pelosok Kab. Bandung. Mencarinya untuk menikahinya. Hingga kini, kehidupannya penuh kebahagiaan dan sudah dikaruniai anak.

Saya ingin mengatakan bahwa : Pernikahan bisa merubah kehidupan seseorang, bahkan hingga 180 derajat. Pernikahan bisa membawamu pada impian, juga bisa menguburkan impianmu. Tergantung bagaimana sikap pasangan kita, komunikasi kita dengan pasangan dan sikap toleransi. Untuk itulah visi dan misi saat proses perkenalan penting untuk diutarakan.

Pernikahan akan membawamu pada kebahagiaan?

Ya.

Kebahagiaan macam apa?

Kebahagiaan yang dilandasi ibadah, sabar dan ikhlas.


~ Ijaah ~

22 comments :

  1. 180 derajat, setelah ada anak akan lebih seru lagi :p

    ReplyDelete
  2. Insya Allah selalu ada kebahagiaan setelah menikah

    ReplyDelete
  3. Aku lagi nonton Full House (untuk pertama kali ;'( *selamainikemanaja), dan pas baca postingan Ijaah, aku merasa ada sesuatu yang nyambung. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syok! Aku nonton Full House lagi SMA, padahal gak suka Korea juga :D

      Nyambung bagaimana Sof? Ah kayaknya aku meluncur ke blogpost kamu aja ya

      Delete
  4. Pernikahan akan semakin bahagia jika dikarunia anak :)

    ReplyDelete
  5. Yang utama banyak doa karena pernikahan itu banyak kejutan. :))

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sama postingan ini. Semoga jodohmu kelak membawa kebahagiaan, Mbak Cantik :)

    ReplyDelete
  7. setuju banget sama postingan ini mba

    ReplyDelete
  8. pfff.... keren banget ini .... ^^ jadi pengen cepet nikah :D hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho. Segerakan aja kalau udah ada calon :D

      Delete
  9. bismilllah semoga dilancarkan sampai ke sana hihi daoin yah mba

    ReplyDelete
  10. bismillah lancarkan saya juga ya mba supaya cepet sampai kesana juga :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...