Beragam Kebaikan di Martabak Tropica Bandung

by - Tuesday, January 26, 2016

Martabak 10 Rasa . Foto oleh ijaah [dot] com


Ini kedai martabak?

Itulah pertanyaan pertamaku pada saat memasuki kedai martabak Tropica di Jl. Burangrang. Aku tak menyangka bahwa kedai martabak bisa seluas, sebersih dan seindah ini. Ada lukisan dinding dalam kedai ini yang sangat mencerminkan Bandung, seperti lukisan Gedung Sate, Persib, Masjid Agung Jawa Barat, Monumen Bandung Lautan Api dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula jejeran meja dan kursi bagi pengunjung yang hendak makan martabak di tempat. Itulah kesan pertama yang membuatku mengerti bahwa pemilik kedai martabak Tropica ini bukan orang sembarangan. Ia nyata sekali serius dalam mengelola kedai ini.

Kedatanganku dan rekan-rekan blogger ke kedai martabak Tropica adalah untuk bertemu dengan pemilik kedai yaitu Pak Yudi Prasetya. Kami ingin mendengar lebih jauh tentang perjalanan usaha kuliner martabak Tropica yang pamornya saat ini sedang naik di Bandung.

Black Sweet. Foto oleh niaharyanto [dot] com

Perjalanan bisnis martabak Tropica tidaklah mudah. Pak Yudi harus menghadapi penipuan dari rekan dan pegawainya. Meski begitu beliau tetap melanjutkan usaha martabak ini hingga akhirnya martabak ini menjadi begitu terkenal.

Dilansir dari kulinerakut [dot] wordpress [dot] com, Pak Bondan Winarno memuji keunggulan martabak Tropica ini. Beliau bahkan menuliskan kicauan di Twitter yang mengatakan : Hebring! Martabak Tropica mengungguli Markobar!


Martabak Tipis kering. Foto oleh : kulinerakut [dot] wordpress [dot] com

Ada banyak jenis martabak yang ditawarkan oleh kedai ini. Mereka adalah :
  1. Martabak Pizza
  2. Martabak Tipis Kering
  3. Martabak Black Sweet
  4. Martabak 10 Rasa 
  5. Martabak Original
Pengunjung bisa bebas memilih rasa atau toping. Pilihannya ada cokelat, kacang, keju, susu, Oreo, Ovomaltine, Hersey's, Kit Kat, Silverqueen, Nutella, green tea, aneka selai, kismis, kurma, kacang mete, jagung manis dan duren. Tak hanya rasa, pengunjung dapat memilih adonan yang diinginkan : original, pandan, red velvet atau blacksweet.

Aku paling menyukai Martabak Tipis Kering rasa cokelat keju. Rasanya begitu crunchy dan rasa cokelat kejunya begitu terasa. Selain itu aku juga menyukai martabak original. Teksturnya begitu lembut, minim butter dan teksturnya mirip seperti bika ambon.

Lalu apa saja kebaikan yang dimiliki martabak Tropica dibanding martabak ternama lainnya? 
  • Adonan diaduk dengan mesin khusus, sehingga adonan menjadi higienis, tidak bercampur keringat ataupun bakteri dari telapak tangan pembuat martabak. Selain itu hasil adonan menjadi lebih homogen. Cara mengolah adonan dengan tangan masih banyak ditemukan di martabak-martabak terkenal di Bandung. Pak Yudi mengatakan bahwa untuk menjamin kualitas adonan martabak Tropica ini higienis, coba diamkan martabak selama semalam, dijamin bahwa kualitas martabak tetap empuk. Aku lantas mencoba hal itu dan memang benar adanya, martabak tetap empuk!
  • Semua bahan adonan dan topping memakai brand ternama, sehingga kualitasnya terjamin.
  • Adonan martabak begitu empuk, teksturnya seperti bika ambon dan manisnya pas.
  • Ada tempat untuk dine-in dan Wi-Fi.
  • Packaging-nya memakai dus tahan panas.
  • Berkonsep open kitchen, maka pengunjung dapat dengan langsung melihat kebersihan dapur.

Untuk urusan harga, martabak 10 rasa dibandrol dengan harga Rp. 120.000,-. Harga yang sangat pas dengan rasa yang ditawarkan oleh martabak ini.


Sumber : kulinerakut [dot] wordpress [dot] com

Selain kebaikan dari sisi kebersihan, inovasi, rasa dan tempat, martabak ini menyimpan beragam kebaikan lainnya. Pak Yudi begitu menerapkan prinsip kebahagiaan pada mitranya dengan cara memberi gaji yang sangat layak, kendaraan, sembako dan tempat tinggal. Mitra yang dimaksud di sini adalah pegawai martabak Tropica. 

Kebaikan lain yang disebarkan Pak Yudi adalah beliau sangatlah dermawan dan tidak pendendam. Beliau pun sangat suka berbagi ilmu pada siapapun yang dijumpainya. Pesan beliau yang paling aku ingat adalah : Peluang itu banyak, namun kita seringkali lengah.

Maka bagi kalian yang mencari martabak dengan segala kebaikan di dalamnya, martabak Tropica adalah jawabannya. Sebagai saran, datanglah ke martabak ini pada sore hari sebab semakin malam antrian pengunjung ke kedai ini sangatlah panjang. Jika sedang beruntung, kalian dapat berjumpa dengan Pak Yudi dan bersiaplah menerima beragam kebaikan darinya.

Selamat menikmati ya!



Kedai Martabak Tropica

Jl. Wayang 2 (Burangrang) Bandung
14.00 - 23.00
IG : @kedaimartabaktropica.bandung

~ ijaah ~

You May Also Like

6 comments

  1. Nyam..nyam enaknya. Traktir mbak Rien kalo sedang ke Bandung ya Zahra :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Belum pernah coba Markobar. Tapi kalau kata Pak Bondan sih Tropica ini lebih banyak pilihan rasa drpd Markobar. Dalam 1 pizza bisa ada 10 rasa, kalau Markobar cuman 8 rasa

      Delete
  3. Lihat yang black sweet, ane jadi inget martabaknya Luna Maya. Dia juga buka usaha martabak yang bentuk and warnanya menarik beginian Jah. Makin ke sini emang pengusaha makin pada kreatif aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku baru tahu Luna Maya punya usaha martabak!

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)