Saturday, January 30, 2016

Indahnya Sukulen di Rumah Bunga Rizal Lembang

Jika sudah memasuki akhir pekan, Bandung selalu dipadati wisatawan. Jalanan di ibu kota provinsi Jawa Barat ini begitu ramai. Salah satu tempat yang menarik wisatawan untuk datang ke Bandung adalah Lembang. Letaknya yang berada di atas kota Bandung membuat banyak wisatawan ingin melepas penat dengan kesejukan alam yang dipunya. Ada banyak tempat wisata di seputaran Lembang, namun kali ini saya hendak bercerita mengenai keindahan sukulen yang ada di Rumah Bunga Rizal.
Sukulen? Apakah itu?
Sukulen adalah istilah untuk sekelompok tanaman yang memiliki karakteristik salah satu atau lebih dari bagian tubuhnya yang dapat menyimpan air. Tentu dalam bayangan saya, teringat bahwa karakter semacam ini dimiliki juga oleh kaktus. Namun semua jenis kaktus adalah sukulen, tapi tidak semua sukulen adalah kaktus.

Sukulen di Rumah Bunga Rizal. Sumber : ijaah.com

Pada saat memasuki kawasan ini, saya dihadapkan pada pemandangan indah dari berbagai jenis sukulen. Ternyata sukulen tidak hanya berwarna hijau, tapi juga berwarna pink, ungu, kuning, oranye dan lain sebagainya.

Bentuk sukulen pun bermacam-macam. Ada yang bentuknya mekar seperti bunga, ada yang bulat, ada yang panjang pipih dan ada yang penuh duri seperti kaktus yang sering kita lihat pada umumnya. Di tempat ini terdapat juga kaktus yang sangat besar, sangat tinggi dan penuh duri. Melihatnya saja bulu kuduk saya berdiri. Ngeri!

Sumber : ijaah.com

Sumber : ijaah.com

Sumber : Google

Rumah Bunga Rizal ini berdiri pada tahun 1978. Dulu hanya kaktus yang dibudidayakan oleh tempat ini. Namun kini ada anggrek dan tanaman hias lain. Pada tahun 2002, Rumah Bunga Rizal berbenah dan mengubah konsep dari kebun produksi menjadi kebun wisata. Sehingga kini Rumah Bunga Rizal menjadi tempat yang asyik untuk berekreasi bersama orang-orang tercinta.

Pengunjung diperbolehkan mengambil gambar sesuka hati. Selain kebun yang luas, tempat ini juga menyediakan fasilitas mushola, tempat makan dan kursi-kursi yang nyaman. Jika beruntung, pengunjung dapat berkonsultasi langsung dengan Pak Rizal Djaafarer, pemilik Rumah Bunga Rizal. Untuk konsultasi tidak ada biaya sepeserpun. Pengunjung juga bisa melakukan reservasi untuk acara arisan, reuni atau karyawisata.

Rumah Bunga Rizal menjual berbagai produk kreatif penunjang hobi berkebun seperti batok kelapa, kawat gantung, dan sebagainya. Terdapat pula produk lainnya seperti meja kebun, souvenir tanaman unik, cover pot tempurung kelapa, anggrek dalam cangkang keong dan wadah tanam botol plastik. Kita juga dapat mengikuti kursus budidaya anggrek dan kaktus di tempat ini, lho.

Ada yang sedang kebingungan mencari suvenir untuk pernikahan? Nampaknya kalian bisa mempertimbangkan sukulen sebagai pilihan. Untuk harga pot (kecil) berkisar antara Rp. 3.500 – Rp. 5.000. Namun jika memesan dalam jumlah besar, biayanya dapat disesuaikan.

Sumber : adr25.blogspot.co.id

Jika tidak sedang macet, waktu perjalanan dari pusat kota Lembang ke Rumah Bunga Rizal ini hanya 10 menit. Jadi bila kalian sedang berwisata ke Bandung, mampirlah ke Rumah Bunga Rizal dan kebun bunga lain yang terdapat di sepanjang Jalan Maribaya, Lembang.

Semangat berbahagia, ya! :)

***


Alamat Rumah Bunga Rizal : Jl. Maribaya KM 2,4 Lembang, tepat di sebelah Taman Bunga Begonia
Buka : 7 pagi hingga 4 sore
Biaya : gratis


Sumber : rumahbunga-rizal[dot]com dan visitlembang[dot]com


~ ijaah ~

2 comments :

  1. Kereeennnnnn.....semoga suatu saat k em bisa ke sana....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Harus kabarin aku pokoknya kalau ke Bandung :*

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...