Monday, February 29, 2016

Tentang XL Future Leaders

    "Penjelasan XL kali ini agak berbeda ya. Karena kita akan berbicara mengenai tanggung jawab perusahaan XL terhadap masyarakat. Hari ini, kita tidak akan membahas tentang campaign dan jangan tanya mengenai network LTE karena bukan hari ini jawabannya. Kita hari ini total membahas mengenai tanggung jawab sosial sebuah perusahaan telekomunikasi kepada hampir 60 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia." - Turina Farouk
XL Future Leaders adalah salah satu program CSR perusahaan telekomunikasi XL yang bertujuan untuk mendidik serta mempersiapkan calon pemimpin Indonesia di masa yang akan datang. Pemimpin yang dimaksud haruslah seorang yang informatif, kreatif serta memiliki percaya diri yang kuat.

Latar belakang diadakannya program ini adalah karena adanya fenomena mahasiswa Indonesia yang pintar secara akademik, namun lemah dan kalah bersaing di level pekerjaan. Mereka cerdas dalam bidang akademik -dengan IP yang memuaskan-, namun tidak bisa bekerjasama dengan baik, tidak dapat mempertahankan pendapat dan tidak memiliki komunikasi yang baik serta terstruktur.

Untuk itulah XL menggagas XL Future Leaders yang akan memberikan pendidikan di bidang soft skills kepada mahasiswa terpilih. Pembinaan akan fokus pada 3 hal, yakni:
  1. Mengembangkan komunikasi yang efektif
  2. Inovasi dan kewirausahaan
  3. Mengelola perubahan (adaptasi di lingkungan baru)
Pendidikan di XL Future Leaders mengacu pada kurikulum New Zealand, dimana mahasiswa akan lebih aktif dibandingkan dengan pengajar (fasilitator).

Program Pendidikan XL Future Leaders

XL Future Leaders memiliki 4 program pendidikan yang mencerminkan kepedulian XL terhadap bidang pendidikan dan pembangunan masyarakat. Keempat program tersebut adalah:

1. Global Thinking Class

Global Thingking Class merupakan program pendidikan eksklusif selama 2 tahun. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa tingkat 2 dan tingkat 3. Setiap tahunnya, XL menerima 120-145 mahasiswa untuk dilatih sebagai calon pemimpin masa depan. Pelatihan ini berlangsung selama 2 tahun dengan tatap muka selama 2 bulan sekali, base camp selama 1 minggu. Tentu saja hal ini tidak mengganggu proses perkuliahan. Selain itu, mahasiswa akan difasilitasi gadget (notebook, handphone dan pulsa) oleh XL untuk melakukan tugas dan berkomunikasi dengan fasilitator. 

Syarat: 
  1. Hanya untuk mahasiswa 
  2. IPK minimal 2,8
  3. Usia 18-21 tahun
  4. Jurusan apapun
  5. Aktif dalam organisasi dan kegiatan sosial
Salah satu lulusan Global Thingking Class yang hadir dalam acara ini adalah Ahmad Bismillahi Normansyah atau yang lebih akrab dipanggil Bisma. Kini, Bisma yang merupakan lulusan dari ITB jurusan Astronomi, memiliki perusahaan startup dalam bidang pengelolaan limbah/wastewater system.

Salah satu fasilitator XL Future Leaders yang hadir dalam Blogger's Meet Up kali ini adalah Tidar Rachmadi. Mas Tidar memfasilitasi pelatihan di kota Jakarta, Jogjakarta dan Surabaya.

Profil Mas Tidar
Ki-Ka : Bisma, Bu Turina, Mas Dypta, Mas Tidar

Sebagai informasi, XL Future Leaders memiliki 6 kelas di 5 kota, yakni di Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan Makassar.

Bagi teman-teman mahasiswa yang ingin mengikuti program pelatihan ini, kalian bisa mengakses informasinya di http://www.xlfutureleaders.com/ atau mengikuti XL Future Leaders University Roadshow di berbagai kota di Indonesia.

2. E-Learning

Program ini ditujukan untuk umum dan diberikan secara gratis. Pendidikan yang diberikan serupa dengan Global Thinking Class yaitu pendidikan kepemimpinan, kewirausahaan, komunikasi dan mengelola perubahan. Namun yang membedakan adalah E-Learning memiliki 8 modul pembelajaran sedangkan Global Thingking Class ada 20 modul.

Apapun profesimu (guru, pelajar SMA, karyawan, buruh, dosen, ibu rumah tangga dll), kamu bisa mengikuti pelatihan soft skill di E-Learning. Caranya adalah dengan meregistrasikan diri kamu di http://elearn.xlfutureleaders.com/.


Setelah memiliki akun di E-Learning, kamu bisa memilih jenis pelatihan yang tersedia. Saya pribadi memilih pelatihan Effective Communication For Executives dengan fasilitator Mas Tidar.

Course yang saya ikuti

Sebagai informasi, E-Learning XL Future Leaders ini baru saja di launching pada tanggal 20 Mei 2015 di ITB.

3. Scholarship Camp

Scholarship Camp adalah program beasiswa dari XL bagi mahasiswa yang tidak mampu secara finansial.

4. BOD Challenge

BOD Challenge ini sangat unik. Bagi mahasiswa terpilih, mereka akan diberikan kesempatan untuk menjadi direktur XL selama 1 minggu. Mereka akan menggantikan tugas direktur saat meeting direksi dan tugas lainnya, juga diberikan fasilitas seperti mobil, pakaian dan tempat tinggal dinas. Asyik, bukan?

Program XL Future Leaders adalah sarana tepat bagi kaum muda yang haus akan ilmu mengenai kepemimpinan dan kewirausahaan. Dengan program ini, XL hendak membentuk future leader, bukan future worker.

Ya, inilah persembahan XL untuk memajukan Indonesia.



~ Ijaah ~

4 comments :

  1. yah untuk mahasiswa aja nih padahal ngebet pengen ikut juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Program yang E-Learning bisa untuk umum mas

      Delete
  2. Teman saya banyak yang ikutan XL Future Leaders, seru-seru pengalaman mereka. Bener-bener memberi banyak pelatihan, wawasan, dan saya pernah ikutan acara workshopnya juga di Malang, kenal dikit-dikit sama program-programnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru pastinya :) Zahra bisanya cuma ikut online course nya aja :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...