Pisang Sunpride : Sahabat Terbaikku Saat Hamil

by - Monday, August 28, 2017

Garis dua!
Alhamdulillah 'ala kulli haal. Masih terekam dengan jelas, betapa bahagianya aku dan suami saat mengetahui bahwa aku positif hamil. Garis merah berjumlah dua itu, telah membuat pagiku terasa sangat indah. Aku sungguh tak dapat menghentikan senyumku. Berita baik ini tentu saja langsung aku kabarkan kepada keluarga dan sahabat terdekat. Kebahagiaanku ini rupanya tertular kepada mereka, terlebih kepada kedua orang tuaku. Sebab insya Allah sebentar lagi keduanya akan memiliki cucu untuk kali pertama 😊.



Nasihat tentang kehamilan mengucur deras dari mereka. Bahwa aku harus makan sehat, banyak makan buah, susu, ikan, kacang-kacangan, hindari vetsin, jangan makan yang mentah-mentah, jangan kecapekan, jangan angkat beban berat dan harus selalu bahagia supaya janinnya turut bahagia pula. Aku tersenyum dan bergumam dalam hati, insya Allah aku siap memberikan asupan terbaik baik raga maupun rohani kepada permata hati yang sedang tumbuh dalam rahim ini. 

Hal menakjubkan terjadi pada hari-hari selanjutnya. Rasa mual mulai melanda, meski frekuensinya tidak setiap hari dan tidak pula sampai muntah. Hanya perasaan tidak enak perut saja, namun itu sudah cukup membuatku pusing. Rasa lapar pun sering terjadi, ini akibat dari porsi makan nasiku yang menjadi sedikit. Iya, kehamilan ini membuatku irit nasi, rasanya mual jika terlalu banyak makan nasi.

Jika terus seperti ini, aku khawatir terhadap janin dalam rahimku. Bagaimana bila nutrisinya tidak mencukupi?

Untung saja ada pisang. Iya, pisang. Bisa dikatakan pisang adalah sahabat kehamilanku, penawar mual terbaik. Setiap kali mual dan lapar, aku langsung makan pisang. Rasanya yang manis, enak dan pulen ini langsung mengenyangkan perut dan meredakan mual. Beda rasanya bila makan biskuit, pisang ini lebih mengenyangkan.


Sunpride 💛

Selain itu pisang sangat membantu pencernaanku. Sedari sebelum hamil, aku memiliki kebiasaan susah BAB dan gejala ini terus terjadi selama kehamilan. Perutku menjadi kembung dan kepala menjadi pusing. Namun setelah mengonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak, pencernaan menjadi lancar dan perut kembali terasa ringan. Syukurlah. Aku tak mau lagi kembung karena gas, 'kembungnya' karena dedek bayi saja ya 😊.

Setelah berselancar sana sini, melihat banyak video perihal kehamilan di Youtube dan membaca buku kehamilan, pisang rupanya adalah buah yang sangat direkomendasikan bagi wanita hamil. Sebab kalium atau potassium, asam folat dan mineral lain yang terkandung dalam pisang sangat penting bagi pertumbuhan janin dan kesehatan ibunya.

Aku mencoba untuk merangkumkan manfaat pisang yang ternyata sangat banyak, masya Allah.


Infografis oleh ijaah.com


Kaya akan Asam Folat 

Seperti yang kita ketahui bersama, asam folat merupakan sumber esensial untuk perkembangan saraf, otak serta tulang belakang janin. Asam folat dibutuhkan untuk mencegah bayi lahir prematur atau lahir dengan cacat. Maka tak ayal dokter dan bidan akan memberikan kapsul asam folat pada setiap ibu hamil pada trimester pertama. Namun karena pada awal-awal kehamilan tidak langsung kontrol ke dokter, banyak sekali pisang yang aku makan. Iya, banyak sekali 😋.


Melancarkan BAB

Konstipasi atau sulit untuk buang air besar merupakan gejala yang sering terjadi pada wanita hamil. Ini pula gejala yang aku rasakan selama hamil. Perut terasa sakit sekali dan merasa tidak nyaman. Namun dengan mengonsumsi pisang, pencernaan menjadi lancar kembali. Ya, pisang kaya akan serat dan zat pektin yang fungsinya antara lain untuk memudahkan pengeluaran feses dari dalam usus. Banana is totally my ultimate hero!

Mengurangi rasa mual

Pisang adalah penyelamatku dikala mual melanda. Seperti yang kita ketahui bersama, mual dan muntah sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Rasa pisang yang enak dan manis membantuku untuk segera pulih dari kondisi mual.

Mem-booster energi 

Pisang mengandung 3 jenis gula alami yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa yang menunjang kebutuhan energi pada wanita hamil. Aku sering merasa cepat lapar dan beberapa kali merasa lemas pada trimester pertama kehamilan. Namun segera setelah mengonsumsi pisang, energi serasa terisi kembali. Sering aku sarapan dengan pisang-susu kedelai, oats atau smoothies dengan toping pisang. Enak sekali!


Menyeimbangkan tekanan darah

Potassium atau Kalium yang terkandung dalam pisang berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan darah. Satu buah pisang mengandung 467 Kalium yang memberikan perlindungan kuat untuk sistem kardiovaskular. Mengonsumsi pisang secara rutin menjadi penting, terlebih saat mendekati proses kelahiran. Kalium juga membantu untuk mengurangi rasa keram pada otot.


Sumber Kalsium

Kita tahu bahwa kalsium dapat kita dapatkan dari susu, namun pisang juga mengandung kalsium meski jumlahnya tidak besar. Pisang dapat memasok tubuh dengan kelimpahan fructooligosaccharide yakni salah satu zat yang mendorong probiotik (bakteri ramah dalam sistem pencernaan) untuk mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium lebih tinggi. Mengonsumsi pisang secara teratur sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan sistem rangka janin, juga menyuplai kebutuhan kalsium sang ibu.


Mencegah Stres

Potassium yang terkandung dalam pisang berfungsi sebagai pemasok energi elektrolit. Sebab pisang juga mengandung triptofan, serotonin dan norepinefrin yang membantu mencegah depresi serta mampu mendorong perasaan relaksasi/santai. Selain itu, vitamin B-6 (pyridoxin) yang terkandung dalam pisang membantu masalah sulit tidur, perubahan suasana hati dan mudah marah. Lagi, pisang menyelamatkanku. Sebab selama trimester pertama kehamilan aku menjadi lebih sensitif. Maafkan istrimu ini ya pak suami 😉.

Mencegah Anemia

Hal yang sering terjadi saat kehamilan dan bahkan saat proses kelahiran adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Pisang kaya akan sumber zat besi, sehingga setiap wanita hamil sebaiknya mengonsumsi pisang untuk menyuplai kebutuhan zat besi selama kehamilan. Pisang juga mengandung Vitamin B-6 yang dapat membantu produksi hemoglobin.


Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Pisang mengandung vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, kolin, karoten, mangan dan vitamin C yang berguna untuk melawan radikal bebas yang hendak masuk ke dalam tubuh.

Cemilan Sehat dan Masker Wajah

Lebih baik makan pisang daripada ngemil makanan ringan atau biskuit yang banyak mengandung gula buatan dan MSG. Selain sangat enak, pisang juga kaya manfaat bagi ibu dan janin. Selama hamil, kulitku semakin dipenuhi jerawat. Tapi ternyata jerawat bisa diatasi dengan masker pisang. Ya, aku sempat melihat tutorial salah satu beauty vlogger yang memakai masker pisang sebagai anti jerawat. Aku harus mencoba masker ini.


Ada banyak jenis pisang yang pernah aku makan, namun jenis yang paling sering aku makan adalah pisang cavendish. Pisang ini memiliki daging berwarna putih kekuningan dan rasanya manis agak asam (sedikit). Teksturnya lunak, sedap sekali. Kulit buahnya agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning cerah dengan permukaan halus. Menurutku, pisang cavendish ini cantik sekali warnanya. Dan merk pisang yang paling sering aku beli tentu saja Sunpride 💕.


Deretan pisang Sunpride di Supermarket yang selalu memikat!

Pisang Pasti Sunpride. Hampir setiap ke supermarket, aku selalu membeli pisang Sunpride. Bentuknya yang mulus serta warnanya yang cantik selalu membuat aku ingin membelinya. Juga karena stok pisang di rumah cepat habis, jadilah aku selalu membeli pisang Sunpride. Dulu saat belum menikah dan stok keuangan sedang menipis, aku jarang membeli mie. Aku malah membeli pisang untuk asupan karbohidrat. Iya, makan pisang banyak itu kenyang.

Tak hanya nikmat dimakan langsung, pisang Sunpride juga nikmat dibuat smoothies, es krim dan bolu. Saat bulan Ramadhan kemarin, aku membuat es krim pisang yang nikmat. Tekstur pisang yang creamy membuat proses pembuatan es krim terasa mudah. Tak perlu tambahkan creamer, cukup dua bahan saja yakni pisang sudah dibekukan (frozen) dan susu kental manis.


Es krim pisang yang paling atas. 
Bentuknya gak rapi, tapi rasanya menurutku enak XD.


MENGAPA HARUS SUNPRIDE?
Saat kecil dulu, ibu ayah mengatakan bahwa pisang yang bagus itu adalah pisang Sunpride. Dan aku sangat senang sekali saat keduanya membelikan pisang kuning yang cantik itu. Saat itu, aku dan bahkan kedua orang tuaku menyangka bahwa pisang Sunpride ini adalah pisang impor karena warnanya yang cantik dan nikmat rasanya. Tapi ternyata anggapanku selama ini salah.




Sumber di sini

Ternyata, pisang Sunpride adalah 100 % buah Nusantara. Aku sungguh terkaget-kaget dengan fakta ini karena ternyata Indonesia punya kualitas buah yang sangat bagus.



Pisang dicuci secara berkala untuk membersihkan getah dan bebas dari jamur. Pisang dipilih dan dipilah sesuai dengan Standar Produk Sunpride (kemanisan, tingkat kematangan dan kualitas) untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hasil panen pun dites secara berkala. Setiap enam bulan sekali, sampel dikirim ke Sucofindo untuk dilakukan uji berkala. Setiap saat dilakukan proses pengontrolan supaya tumbuh dengan sempurna. Masa panen juga dikerjakan sangat teliti dan hati-hati. Buah pisang yang dipotong tidak boleh jatuh ke tanah. Hal ini dilakukan untuk menjaga produk Sunpride supaya benar-benar aman bagi konsumen.

Proses pembibitan pisang Sunpride dilakukan dengan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit, seperti layu moko akibat Pseudomonas solonacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. Mulai dari pembibitan hingga masa panen membutuhkan total waktu sekitar satu tahun.

Selain itu, ada 3 jenis pisang cavendish Sunpride yang dijual di pasaran, yakni cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8 buah pisang, Cavendish finger terdiri dari 1-2 buah pisang dan Cavendish single hanya ada 1 buah pisang dan dikemas dalam plastik khusus yang berlubang supaya menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan pisang berjamur.


Pisang cavendish Sunpride single. Sumber di sini



Sunpride bisa ditemukan di banyak market di Indonesia
dan di stand Sunpride yang bertebaran
di jalanan kota Bandung :)

Jelas sudah mengapa pisang Sunpride selalu tampil menawan dengan rasa yang sangat nikmat. Sebab dibalik penampilan anggun dan menarik hati, terdapat proses dan kerja keras yang luar biasa. Upaya maksimal dari PT. Sewu Segar Nusantara ini membuahkan hasil. Buah berlabel Sunpride selalu identik dengan jaminan kualitas dan mutu.

Insya Allah, pisang akan selalu menjadi buah utama selama kehamilan dan hingga kelahiran nanti. Bisa dibilang, pisang akan menjadi pisang favoritku sepanjang masa. Untuk pilihan pisangnya, aku lebih menyukai pisang cavendish dibandingkan pisang ambon. Ini perihal selera tentu saja, aku lebih menyukai cavendish sebab ada asam-asamnya sedikit. Lalu apa merk pisang cavendish yang akan aku beli?

Sunpride pastinya, sebab Pisang Pasti Sunpride 😊




***




Salam anakku tersayang,
Terima kasih sudah menemani ibu selama 14 minggu ini. Betapa menakjubkan ada kamu dalam perut ibu. Ibu tak dapat berhenti tersenyum. Iya, ibu dan ayah sangat bahagia ada kamu. Kini ibu tak sendiri lagi dalam menjalani hari, ada kamu sayang.
Anakku sayang, insya Allah ibu akan berjuang untuk memberikan asupan gizi terbaik untukmu. Dedek sudah sering ibu berikan pisang, ikan, sayur, susu dan buah-buahan segar lainnya sedari masa kandungan 1 bulan. Semoga dedek tumbuh sehat dalam rahim ibu, ya. Insya Allah dedek akan terus ibu berikan pisang dan makanan sehat lainnya. Hingga dedek sudah lahir ke alam dunia, hingga dedek meminum ASI, hingga dedek mulai mengenali makanan padat. Iya, pisang akan menjadi sahabat kita hingga nanti.
Selamat berjuang dalam perut ibu ya sayang. Insya Allah kita ketemu beberapa bulan lagi. Ibu dan ayah sayang dedek 💕.

~ ijaah ~ 


Referensi : sunpride.co.id

You May Also Like

6 comments

  1. Waaaaah... Selamat ya neng geulis. Barakallah. Moga sehat terus ya ibu dan debaynya.

    ReplyDelete
  2. Sehat terus ya Zahra dan baby... aku ingat banget gimana senangnya pas lihat garis 2 pagi-pagi dan juga setelah itu sibuk memberikan nutrisi terbaik untuk bayiku. Pisang juga salah satu sumber makanan idaman selama kehamilanku kemarin.

    ReplyDelete
  3. Selamaaat ijaaah! semoga sehat sehat teruss yaa dedek dan ibu nya :')

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)