Jatuh CInta Pada Surat Luqman II #33weeks

by - Friday, January 12, 2018


وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِي عَامَيۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِي وَلِوَٰلِدَيۡكَ إِلَيَّ ٱلۡمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."


Pada setiap ayat dari Surat Luqman, aku terpana. Seluruhnya merupakan nasihat dan pengingat, terlebih pada ayat ke-12 hingga 19. Bagian itulah yang membuatku seringkali mengharu biru, mengingat itulah nasihat Luqman terhadap anaknya. Sebuah nasihat yang hendak aku berikan pada anakku juga, namun secara bersamaan seperti berkaca, tentang sejauh mana aku bersikap pada orang tua.



وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشۡرِكَ بِي مَا لَيۡسَ لَكَ بِهِۦ عِلۡمٌ فَلَا تُطِعۡهُمَاۖ وَصَاحِبۡهُمَا فِي ٱلدُّنۡيَا مَعۡرُوفٗاۖ وَٱتَّبِعۡ سَبِيلَ مَنۡ أَنَابَ إِلَيَّۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Tentang bagaimana tentang bersikap baik pada orang tua sejauh apapun perbedaan jarak pemahaman tentang keimanan. Sulit? Sudah pasti. Harus ada seni khusus untuk tetap berbuat baik pada orang tua meski ada pemaksaan atau pengaruh dari orang tua kepada kita untuk tak menjalankan syariat-Nya.

Hanya pada Allah-lah tempat kembali. Selama hayat di kandung badan, seorang muslim adalah ia yang melaksanakan shalat dan rukun islam lainnya. Hanya pada Allah-lah segala kehendak, kiranya kita tetap istiqomah untuk tetap berbuat baik pada orang tua sejauh apapun perbedaan iman kita dengannya.


~ijaah~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)