Tips Alami Mengatasi Keputihan

by - Thursday, January 25, 2018

Sumber di sini

Keputihan merupakan hal yang alami bagi setiap wanita, terlebih jika sedang hamil oleh karena perubahan hormon yang terjadi. Namun jika kondisi keputihan ini sudah parah, seperti membuat gatal-gatal pada area vagina atau menimbulkan bau tidak sedap, cairan lengket dan meninggalkan noda kuning pada celana, artinya organ reproduksi wanita tersebut sudah terganggu. Untuk itu, keputihan ini janganlah dianggap sepele sebab bisa menimbulkan gejala yang lebih serius yakni bahaya kanker rahim.

Ada beberapa cara untuk mengobati keputihan, bisa dengan medis maupun tradisional. Jika memilih pengobatan medis, biasanya dokter akan memberikan obat jamur yang diminum atau dimasukan langsung ke vagina. Tentu saja pengobatan ini membutuhkan biaya ekstra dan ketekunan dalam mengonsumsinya. Jika Anda bukan termasuk orang yang menyukai pengobatan medis, berikut ini adalah tips untuk mengobati keputihan secara alami :


1. Jus lemon

Sumber di sini

Seperti yang kita tahu, lemon mengandung vitamin C tinggi dan antibakteri yang baik bagi kesehatan tubuh. Zat aktif yang terkandung dalam lemon ini dapat mengobati beragam penyakit, salah satunya keputihan. Bagaimana cara pengolahannya?
  • Peras buah lemon dan campur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. 
  • Minum ramuan ini secara teratur hingga keputihan Anda sembuh. 
  • Lakukan secara rutin setiap hari karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.


2. Daun sirih

Sumber di sini

Sejak dulu, daun sirih dipercaya dapat mengatasi masalah reproduksi wanita. Salah satunya adalah untuk mengobati keputihan. Cara pengolahannya pun mudah, yakni:

  • Rebus beberapa helai daun sirih sampai mendidih. 
  • Setelah dingin, basuhkan air rebusan tersebut pada vagina Anda.

Atau bisa juga lakukan terapi uap dengan air rebusan daun sirih. Caranya :

  • Simpan air rebusan yang masih panas di dalam baskom.
  • Kemudian duduklah diatasnya atau berjongkok. 
  • Pastikan uap dari air tersebut menyentuh vagina Anda. 

Itulah tadi beberapa tips mengatasi keputihan. Mudah bukan mengolahnya?

Lakukan terapi tersebut jika keputihan Anda mulai menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan bau. Sebab keputihan yang normal tidak akan mengganggu alat reproduksi wanita. Bila Anda membiarkan keputihan tersebut, hal ini dapat menimbulkan bahaya kanker rahim jika tidak diobati.


~ ijaah for GueSehat ~

You May Also Like

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)