Bingung Dengan Mitos Seputar Merawat Bayi? Baca POPMAMA Yuk Moms!

by - Sunday, June 24, 2018



Moms, sepakat gak sih kalau mitos-mitos seputar merawat bayi itu buat kita kepala cenat-cenut?

Kalau saya IYA. Sangat IYA.

Pasca melahirkan kemarin, hati saya sesungguhnya diliputi kekhawatiran yang tak berkesudahan. Tentang bagaimana cara mengurus anak yang baik, merasa tak pede menjadi ibu baru, ASI yang tak segera keluar, badan dan kulit yang terlihat tak menarik, rasa takut dicap sebagai ibu yang tak pandai mengurus anak dan lain sebagainya. Kecemasan itu semakin klimaks saja saat mitos seputar bayi sampai di telinga saya dan sukses mengaduk adonan rasa takut menjadi lebih kalis.

"Jangan gunting kuku bayi sebelum 40 hari ya. Pamali!"
"Aduuh, jangan tengkurepin bayi! Nanti dia bisa sendiri kok!"
"Hati-hati jangan sampai ASI kena mata bayi ya. Bisa bikin buta. Serem kan?"
"Jangan sering gendong bayi nanti anaknya jadi cengeng minta digendong terus!" 
"Orang dulu mah mandiin bayinya di air sungai. Kuat-kuat aja tuh mereka mandi pake air dingin!"
"Kalau ASI kamu basi, buang sedikit ya. Kasian dedeknya."
"Nih supaya hidungnya mancung, tarik-tarik hidungnya seperti ini ya!"

Segitu aja?

Enggak, masih banyak! Hahaha.

Jujur ya moms. Setelah kebingungan itu, terbitlah rasa gak enak kalau gak nurut. Meski sebenarnya hati ini menolak karena tahu ilmunya tidak seperti itu.

Harus ada cara yang santun untuk mengabarkan kepada orang tua dan anggota keluarga yang lain bahwa mitos-mitos itu tidak benar. Dan cara terbaik untuk memberitahu tanpa bermaksud menyinggung adalah dengan memberikan informasi dari sumber yang terpercaya. Medianya bisa apa saja. Namun karena saat ini setiap orang di rentang usia yang berbeda lebih banyak membaca lewat gawai, maka media daring menjadi penyalur informasi yang tepat.

Tapi sekarang ini banyak sekali media yang seringkali asal ambil berita tanpa tahu sumbernya valid atau tidak. Lalu media seperti apa sih yang harus dibaca?

Nah ini dia jawabannya!
Popmama adalah media online yang menyajikan konten worth sharing yang trending dan relevan untuk millennial mama di Indonesia. Di sini moms bisa baca artikel apapun tentang 'dunia mama', mulai dari kehamilan, persalinan, perawatan bayi hingga anak-anak. Hal ini selaras dengan misi yang diusung Popmama untuk menjadi teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips dan trik agar menjadi mama terbaik.

Oya, Popmama ini merupakan garapan IDN Media yang namanya sudah mahsyur di dunia daring. Nama-nama seperti IDN Times, Popbela dan Yummy merupakan media vertikal garapan IDN Media lainnya. Kalau sudah seperti ini, saya semakin mantap mencari dan membaca artikel dari Popmama : informatif dan valid.

Seperti dikutip dari idntimes.com, Sandra Ratnasari (Editor in Chief  Popmama) berharap Popmama dapat menjadi wadah mencari informasi bagi mama muda yang kerap memiliki pertanyaan atau hal baru dalam membersarkan buah hati. Hal ini betul saya percayai, sebab ada banyak sekali artikel di Popmama yang meluruskan mitos mengenai cara merawat bayi yang kerap diturunkan dari para orang tua kepada generasi selanjutnya.

Nah moms, ada beberapa alasan mengapa saya suka membaca dan belajar di Popmama. Ini dia alasannya!


A. Penyajian artikel yang informatif dan lengkap. 
Sayonara mitos! Segala bentuk khawatir dan takut menjadi lenyap setelah mengetahui ilmu yang sebenarnya. Lewat Popmama, moms bisa menemukan artikel terkait mitos yang rupanya tidak benar. Seperti mitos mengenai jangan menggendong bayi, padahal dengan menggendong ikatan antara ibu dan anak menjadi lebih rekat.

B. User friendly
Moms, ini dia fitur Popmama yang sangat saya sukai. Sekarang coba moms buka Popmama.com dan langsung meluncur ke pilihan menu. Di sana, moms akan menemukan : Home, Pregnancy, Baby, Kid, Big Kid dan Life. Di setiap menunya, moms akan menemukan sub menu yang sangat membantu moms untuk mengetahui ilmu seputar perkembangan anak sesuai dengan usianya. Sebagai ibu baru yang memiliki anak berusia 4 bulan, fitur ini sangat membantu saya untuk memingkas watu pencarian artikel. Kece sekali kan moms?


C. Ada tools canggih
Moms, pernah gak sih menemukan website yang menyatukan beragam apps dalam satu tempat? Ini nih another magic dari Popmama. Moms gak perlu lagi install pregnancy tracker, baby name finder dan period tracker sebab semuanya ada di Popmama! 


D. Font dan warna yang menarik
Pink dan ungu lilac? Saya banget! Maka dalam setiap perjalanan saya di Popmama, mata saya begitu dimanjakan dengan tampilan warna yang kalem. Sebagai seorang netizen yang sangat memperhatikan tampilan sebuah website, Popmama ini menjadi salah satu tempat terbaik bagi saya untuk mencari ilmu.

E. Kisah inspiratif dari Millennial Mama
Selain menyajikan informasi mengenai berita seputar mama dari seluruh dunia, Popmama juga menyajikan kisah inspiratif dari para mama yang namanya sudah tak asing lagi di telinga kita. Nah di bulan Juni ini, giliran Tya Ariestya yang mengajak moms semua untuk menjadi ibu yang kuat dan percaya diri. Masya Allah diingatkan lagi bahwa saya harus percaya diri dengan segala yang saya putuskan untuk merawat anak dan kuat dengan segala kritikan yang datang silih berganti. Mengapa? Karena saya tahu ilmunya. Terima kasih ya Popmama! :)

F. Mengajak moms untuk menjadi kontributor Popmama
Masya Allah, entah bagaimana lagi saya berucap. Sebagai seorang stay-at-home-mother yang suka menulis, kesempatan menjadi kotributor di Popmama ini menjadi sebuah opportunity yang sayang sekali jika saya lewatkan. Cara menjadi kontributor Popmama adalah dengan mengirimkan karya kreatif moms ke hello@popmama.com. Selain itu terbuka juga kesempatan untuk berkarir di Popmama bagi moms yang suka bidang media dan tantangan. Caranya dengan mengirimkan CV dan portofolio moms ke Popmama. Yuk moms berkarir di Popmama! :)


Dengan segala fitur yang saya sukai tersebut, Popmama menjadi tempat bagi saya dan mama millennial lainnya untuk mencari ilmu dan saling menguatkan diri dengan segala tantangan yang datang baik dari diri sendiri, keluarga, anak serta lingkungan.

Semangat untuk selalu menjadi ibu yang kuat dan percaya diri atas pilihan sendiri ya moms. Kita memiliki cara sendiri untuk merawat anak sesuai dengan ilmu yang didapat, pun begitu dengan para leluhur. Inilah cara terbaik versi kita, itulah cara terbaik orang tua kita. Bukankah hati akan damai jika saling menghargai? :)

Yuk moms, perbarui ilmu seputar mama dan buah hati dengan Popmama! Jendela ilmu akan terbuka lebar sehingga kita akan semakin mantap untuk menyucapkan : bye-bye mitos!


~ijaah~

You May Also Like

17 comments

  1. Aih lucu banget gambar animasi popmama ini.
    Makin banyak aja yg mempermudah para (calon) ibu :)

    ReplyDelete
  2. Wkwkwk....banyak banget ya pantangan buat mama yg baru melahirkan. Dulu sewaktu aku lahiran, tetangga bilang jangan selonjoran nanti bisa menyebabkan kebutaan. Hah? Larangan yang aneh dan baru dengar sekali ini. Perasaan di kampung dulu nggak gini amat.

    ReplyDelete
  3. Pomama pas nih buat bacaan temenku yang baru memiliki anak

    ReplyDelete
  4. Canggih-canggih bener dah zaman sekarang ya Mbak

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka nih sama web Popmama karena informasi yang diberikan informatif dan edukatif banget, saya suka cari tau tentang artikel-artikel parenting dan pas tau Popmama jadi sering buka deh sekalian baca-baca.

    ReplyDelete
  6. Wah berbarti cocok nih ya untuk ibu" muda atau yang akan segera menjadi ibu. Makasih infonya mbak, bakalan sering baca ini deh biar punya ilmu untuk parenting hehe

    ReplyDelete
  7. Wah asik ya sekarang sudah ada situs ini untuk ilmu parenting bagi ibu" mudan khususnya aku, biar punya ilmunya kalo sudah jadi ibu nantinya. Makasih mbak infonya :)

    ReplyDelete
  8. Jadi ibu baru itu kudu pinter. Pinter membedakan antara mitos dan fakta juga pinter ngeles jika ditanya soal mitos wkwkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)