Milenial, Yuk Perbaharui Wawasan Finansialmu Bersama #MoneySmartMenginspirasi!

69 comments:

"Zah, kalau baca artikel di internet kamu harus pilih yang kredibel ya!"

Aku mengedipkan mata tanda setuju. Bukan tanpa alasan temanku ini berkata demikian sebab ia sering melihat aku membaca berita dan buku lewat gawai. Sekarang ini memang sedang musimnya orang beralih dari membaca buku secara fisik menuju e-book atau feeds, sehingga filter sebenarnya untuk menerima informasi digital itu adalah diri kita sendiri.

"Ya pintar-pintarlah cari situs web yang kredibel", begitu katanya.

Aku sendiri sudah mahfum mengenai hal tersebut karena untuk apa juga menghabiskan waktu berselancar di situs web yang tidak memberi informasi yang inspiratif. Di era industri 4.0 ini, arus informasi datang dengan begitu deras, sampai-sampai hal yang tak penting atau salah pun diberitakan. Untuk itulah kita sebagai konsumen berita, wajib untuk memilih portal berita yang kredibel dan memberi banyak pengetahuan baru. Tentunya hal ini akan membawa inspirasi yang bermanfaat bagi daya kreativitas kita sebagai generasi milenial.

Nah, salah satu portal berita kredibel yang sering aku baca baik adalah MoneySmart.id. Media daring yang menyajikan ragam informasi seputar finansial ini sangat berpegang teguh pada kode jurnalistik dalam setiap berita yang ditayangkannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya informasi finansial yang edukatif, pengelolaan website dan social media yang rutin diperbaharui, serta kemudahan laman website yang terindeks di Google.

Selain itu, ada banyak hal lain yang aku sukai dari MoneySmart.id. Tentu kalian ingin tahu, bukan?

Aku tak ingat betul kapan pertama kali follow akun instagram Money Smart.id. Namun yang pasti aku selalu menantikan informasi terbaru dari MoneySmart.id sampai-sampai mengaktifkan notifikasinya. Pada setiap kali membaca artikel di MoneySmart.id, selalu ada saja informasi dan inspirasi baru yang aku dapat, seperti misalnya tips menabung receh hingga ke investasi, tips menabung untuk liburan hingga ibadah haji, dan sebagainya.

Selain itu MoneySmart.id masuk dalam jajaran 60 besar Alexa dan berada di peringkat 20 besar khusus untuk media di Indonesia. Kini MoneySmart.id telah menjadi salah satu situs gaya hidup finansial terkemuka di kawasan Asia Tenggara. Tentu saja keragaman berita dan tips seputar finansial, serta kemudahan akses di internet, telah membuat MoneySmart.id menjadi portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia.

MoneySmart.id menghadirkan 4 kategori utama di situs website-nya yakni Earn Money, Smart Money, Borrow Money dan Lifestyle. Di dalam setiap kategori tersebut, terdapat sub-kategori yang menyajikan banyak sekali artikel seputar keuangan. Nah sebagai generasi milenial yang harus melek finansial, wajib sekali membaca artikel di MoneySmart.id.

Semua artikel seputar finansial, ada di sini. Semisal kamu ingin membuka bisnis, MoneySmart.id memiliki kategori khusus seputar bisnis. Begitupun dengan kamu yang ingin berkarir, mencari kerja sampingan, berinvestasi, menabung, membuka asuransi, menyusun budget, melakukan pinjaman, membuka kartu kredit, berutang, atau mencari inspirasi dan berita seputar belanja, kulinar, travelling, otomorif, hunian dan lain sebagainya.

So milenial, MoneySmart.id hadir untuk menemani kamu untuk pengelolaan keuangan dan gaya hidupmu supaya tetap on track mengelola keuanganmu secara bijak.

Semua informasi yang ada di MoneySmart.id merupakan hasil olahan dari tim editorial yang profesional dan berpengalaman di bidang jurnalistik. Maka tak ayal jika setiap penuturan bahasa yang disajikan sangat mudah dipahami, serta selalu menyajikan sumber berita yang valid. Hal ini menandakan bahwa MoneySmart.id sangat berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.


Nah, hal utama yang aku senangi dari MoneySmart.id adalah gaya penuturannya yang kekinian, sehingga portal finansial ini cocok dibaca oleh anak muda Indonesia. Selain gaya bahasanya yang ringan, MoneySmart.id selalu menghadirkan konten yang edukatif dan inspiratif. Mau buktinya? Langsung saja berselanjar ke website MoneySmart.id ya! Dijamin, kamu akan ketagihan mencari informasi di sana seperti aku.

Seperti yang sudah disinggung di awal, kesukaanku pada MoneySmart.id telah membuatku mengaktifkan tombol notifikasi di akun instagram @moneysmartid. Mengapa? Sebab konten dan infografisnya sangat menarik. Hal ini tentu saja semakin membuatku paham terkait informasi finansial yang cukup berat seperti investasi, saham dan lainnya.

Infografis yang menarik dari @moneysmartid

Berkat kegemaranku membaca artikel di MoneySmart.id, aku jadi tahu banyak hal tentang saham, investasi, behaviour supaya jadi orang yang sukses, inovasi karya anak bangsa dan lain sebagainya. Nah salah satu yang ingin aku highlight di sini adalah pengetahuan baruku tentang startup di sektor energi terbarukan yang bernama solarkita.com.

Seperti yang dikutip dalam artikel Anti-Mainstream Banget! Pria Ini Dirikan Startup di Sektor Energi Terbarukan, SolarKita merupakan perusahaan penyedia jasa pemasangan panel surya yang berbasis di Jakarta. Bisnis energi terbarukan berskala mikro ini menyasar perumahan, perkantoran dan industri yang tertarik menggunakan panel surya. Keuntungan yang didapat dari instalasi panel surya ini adalah mampu menghemat tagihan listrik hingga lima puluh persen.

Selain jasa instalasi, SolarKita menyediakan jasa mentoring sekaligus maintenance untuk panel surya milik pelanggan. SolarKita juga memiliki sistem data logger yang terkoneksi dengan server SolarKita, sehingga jika ada masalah dengan panel surya pelanggan, teknisi SolarKita bisa langsung gerak cepat untuk melakukan penanganan. Pelanggan akan diberikan akun yang bisa diakses di web SolarKita sehingga mereka dapat memantau performa dan penghematan tagihan listrik. Kedepannya, SolarKita akan menghadirkan mobile apps untuk memudahkan pelanggan untuk tracking produksi listrik dan menyampaikan keluhan lewat aplikasi. Keren sekali, ya!

Banyak sekali hal baik yang bisa kita ambil dari Amarangga Lubis, CEO SolarKita. Pria jebolan ITB dan New York University ini, mengkombinasikan renjananya pada sektor energi terbarukan dengan peluang bisnis yang ada. Untung saja MoneySmart.id berhasil menyajikan artikel yang lengkap, baik tentang SolarKita maupun perjalanan Amarangga dalam mendirikan bisnis ini. Bagaimana tidak, wawancara bersama Amarangga Lubis ini dilakukan di kantor MoneySmart.id langsung. Wah!

Awalnya Amarangga tertarik pada usaha berbasis energi terbarukan saat diajak ayahnya pergi ke PLTS di Lombok. Di samping itu, ia teringat akan pidato Presiden Joko Widodo di KTT Perubahan Iklim Paris yang mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi 29 persen di tahun 2030. Dari sinilah ia merasa bahwa bisnis tenaga surya akan semakin dilirik di masa depan.

Ide bisnis sudah ada, namun Amarangga mengalami kesulitan karena membangun PLTS akan sangat memakan modal yang besar ditambah dengan persyaratan yang rumit. Meski begitu ia tidak patah arang. Maka setelah berpikir panjang, ia memiliki ide brilian yakni mendirikan bisnis energi terbarukan berskala mikro bernama SolarKita.

Tantangan tak berhenti sampai di sini. Strategi pemasaran dan pemahaman masyarakat soal panel surya menjadi tantangan yang cukup berat. Panel surya jelas bukanlah komoditas yang mudah dijual di toko daring. Orang yang membeli dan memasang perangkat ini pun harus orang yang paham tentang panel surya. Untuk itulah SolarKita membuka jasa konsultasi untuk calon pelanggan dan memberikan rekomendasi produk terbaik yang sesuai dengan kondisi rumah. SolarKita juga membuat konten artikel seputar panel surya, kalkulator listrik dan pelayanan after sales di website-nya.

SolarKita sendiri bukanlah bisnis pertama Amarangga. Ia pernah berkutat di bisnis merchandise untuk kampus dan sekolah. Sebelumnya, Amarangga pernah menjadi karyawan di Bakrieland dan Telkomsel. Nampaknya Amarangga pernah merasakan suka duka baik menjadi karyawan maupun pebisnis.

Pesan penting yang Amarangga sampaikan dalam artikel ini adalah passion sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis, sebab dengan begitu kita akan menjalaninya dengan lebih semangat dan belajar lebih dalam lagi. Selain itu, bisnis tak selalu harus bermodal besar karena yang diperlukan adalah kreativitas. Terlebih di era teknologi ini, siapapun bisa membangun bisnis dengan lebih mudah.

Sebagai generasi muda Indonesia, kita dapat mengambil banyak inspirasi dari Amarangga. Tentang renjana yang tak kalah penting dari ketahanan dalam berbisnis. Tentang karyawan yang bertransformasi menjadi pebisnis. Tentang inspirasi yang bisa ditemukan dimana dan kapan saja. Tentang membangun bisnis tanpa modal yang besar. Jadi, jangan patah semangat dan terus berjuang untuk membangun bisnis yang kamu rintis ya. Be like Amarangga!

MoneySmart.id sejatinya merupakan bagian dari MoneySmart Group di Singapura yang didirikan pada tahun 2009 sebagai agregasi finansial. Namun karena tingkat literasi keuangan di Indonesia yang masih rendah dibandingkan Singapura, MoneySmart memutuskan untuk mengubah bisnis agregasi finansial menjadi bisnis media di Indonesia.

Maka itulah MoneySmart.id hadir di Indonesia dengan menyajikan konten yang edukatif dan inspiratif seputar keuangan dan gaya hidup. Keberadaan MoneySmart.id tak hanya memberi warna dan alternatif baru di peta media daring Indonesia, namun juga memberi pencerahan bagi anak muda Indonesia untuk menggapai mimpi dan mengelola keuangan secara cerdas dan bijak.

Jadi, kalian mau cari artikel seputar finansial yang kredibel?

Jangan ragu untuk menjadikan MoneySmart.id sebagai rujukan informasi kamu. Aku yakin, kamu pasti akan ketagihan baca karena #MoneySmartMenginspirasi.

Selamat berselancar dan temukan banyak inspirasi di MoneySmart.id ya!


~ ijaah ~


***
Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog MoneySmart.id
Informasi dan foto bersumber dari moneysmart.id, instagram @moneysmartid dan solarkita.com
***

69 comments:

  1. Smart Money ini juga salah satu andalanku untuk cari tips2 keuangan yang bisa dipercaya :)

    ReplyDelete
  2. Nah ini setuju saya soal wawasan keuangan. Saya usianya masih kepala 2 dan baru nyadar tahun 2018 awal kalau ngatur keuangan itu lumayan menguras otak. Susah-susah gampang. Sebab kita nggak cuma ngatur duit ditabung doang, tapi juga soal investasi, dana pensiun, sedekah, asuransi, dll wah segudang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi buat emak2 kaya kita ya mba. Banyak banget yang dipikirin. Makanya belajar finansial itu harus bgt

      Delete
  3. Ide bisnis udah ada.. tapi mulainya masih maju mundur..
    Baca-baca moneysmart ah, biar tambah yakin!

    ReplyDelete
  4. Btw sekarang PLTSnya jadi dibangun oleh Swedia ya mba? sayang banget ya ga bisa dikelola oleh anak negeri.
    Tapi untungnya bisa membangun bisnis yang lebih keren lagi :)

    Senang banget juga ada moneysmart ini, karena bisa juga mengedukasi bangsa ini tentang pengelolaan keuangan yang baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku kurang tau mba rey ttg plts itu.
      setuju moneysmart itu kaya oase di tengah kekeringan literasi keuangan masyarakat indonesia :)

      Delete
  5. Wah sekarang makin banyak ya start up berbasis finansial seperti ini. Memang udah saatnya genarsi Millennial melek sama finansialnya supaya di masa tuanya nggak terbebani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba isti. kehadiran moneysmart ini bikin belajar finansial jadi asyik banget

      Delete
  6. aku mau nyoba ah, smart money ini. Mau cari tips keuangan mengelola gaji yang minim hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaa ada lho mba artikelnya, pas banget ya hehe. silakan cari di moneysmart.id :)

      Delete
  7. Aku baru tahu tentang situs ini
    Duh, dari mana saja yah aku ini

    Langsung deh, pas BW, buka jendela baru lagi, ketik di browser "Money Smart", mencari tahu lebih lengkap, bak kata pepatah, "Tak Kenal Maka Tak Sayang!"
    Iya kan...

    ... dan ternyata Money Smart berdiri tahun 2014, dan baru-baru ini mendapat suntikan dana segar di tahun 2017 dari Pendanaan Jepang. Keren ya!

    Sepertinya Indonesia merupakan pangsa pasar yang potensial yah di mata para investor penyuntik dana segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena indonesia memiliki kemajemukan di hampir semua lini.
      wah makasih info tambahannya tentang money smart mba rosa :)

      Delete
  8. Beberapa kali saya mendengar pendapat kalau milenial memang cenderung konsumtif. Masih banyak yang berpikir instan. Jadi kurang berinvestasi atau mengelola keuangan dengan baik. Memang perlu informasi seperti ini agar wawasan tentang keuangan semakin bertambah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul. dan untungnya money smart ini hadir khusus untuk milenial :)

      Delete
  9. cocok nih buat aku belajar investasi dan mengelola keuangan keluarga. Baca infografisnya mudah dipahami. Follow Money Smart dulu ah...

    ReplyDelete
  10. aku belum pernah nih teh buka moneysmart.id jadi pengen baca-baca juga soalnya iya banget baca-baca di situs itu harus hati2 ya teh

    ReplyDelete
  11. Wah banyak sekali yg bisa kita pelajari dari situs ini ya mba..aku blm pernah akses nih.. capcus ke TKP ah..

    ReplyDelete
  12. Bagus banget nih buat smart money buat ngatur keuangan yg suka bikin defisit dan bikin nyesek hiks hehe

    ReplyDelete
  13. Money smart memang portal informasi finansial yg cukup diandalkan ya mba banyak banget informasi yg saya dapat disini termasuk ttg investasi, sukses juga dengan lombanya ya mba :)

    ReplyDelete
  14. Aku juga senang baca artikel di MoneySmart mbak, selain berbicara soal keuangan juga berbicara tips yang ringan dan renyah. Apalagi buat ibu-ibu yang memang sebagai bendahara keluarga.

    ReplyDelete
  15. Tingkat literasi keuangan kita emang masih kecil katanya Mba. Makanya pemerintah lagi giat2nya mengadakan edukasi dan workshop mengenai literasi keuangan. Soalnya berpengaruh besar juga pada perekonomian bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul. dan untungnya sekarang hadir moneysmart sebagai portal finansial yg kece

      Delete
  16. Inilah yang akan membuat kita pintar literasi keuangan. Maklum mom pegang uang dan kendalikan uang. Perlu siasat agar uang tidak habis dalam sesaat

    ReplyDelete
  17. Pengen nulis juga soal ini, tapi masih siapin bahan.
    Nggak tahu nutut apa nggak waktunya nanti.

    ReplyDelete
  18. Wah kerwn nih cucok buat aku lah yg lagi ngerwm sifay sanguinis aku yg hiduo hanya utk saat ini...heuhwu...

    ReplyDelete
  19. Saya termasuk yang lemah dalam manajemen keuangan. Mesti banyak-banyak baca dan belajar dari situs kredibel kayak Money Smart ini.

    ReplyDelete
  20. Moneysmart.id ini bermanfaat sekali yaa Teh apalagi buat aku yang masih belajar mengelola keuangan
    Jadi wajib banyak belajat dari situs ini nih

    ReplyDelete
  21. Wah saya jadi punya referensi baru nih buat info seputar keuangan..makasi teh ijaah..bermanfaat banget nih infonya. Dan saya ikut bangga kita punya sosok anak muda Indonesia yg cerdas dan kreatif kayak Amarangga (founder solar kita)

    ReplyDelete
  22. Kayanya aku butuh banget banyak ilmu mengenai keuangan.
    Lalu di implementasiin ke kehidupan.
    Cakeepp~

    ReplyDelete
  23. Dimulai dari menabung receh sampai investasi dibahas ya, jadinya kita lebih mengenal lebih dalam lagi gak cuma tahu luar-luarnya aja apalagi katanya..katanya dari orang lain. Aku follwo jug aah smart money biar lebih bijak lagi dalam berinvestasi dan menabung

    ReplyDelete
  24. Aku gaptek sekali masalah megemen keuangan nihnmb pengen belajar jadinya.biar jaei mam ynag smart

    ReplyDelete
  25. wah... alhamdulillah makin banyak website edukasi keuangan yang muncul di indonesia.
    bakalan sering ngintip di moneysmart.id nih :D

    ReplyDelete
  26. Aku juga beberapa kali buka portal MoneySmart. Info-infonya menarik untuk dibaca. Gaya bahasanya cukup pas menurutku.

    ReplyDelete
  27. huwaaa aku butuh banget ini mba untuk jadi panduan ilmu tentang keuangan
    apalagi ibu rumah tangga macam aku harus banyak belajar kelola keuangan, biar ga boncos hehehe

    ReplyDelete
  28. Untuk manajemen keuangan saya masih kurang bagus sih kadang pengeluaran juga ga pernah di catat huhuhu. Tapi untuk investasi sudha mulai sih yang kecil2 mah hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 mba, sedikit2 mengaplikasikan ilmu finansial :)

      Delete
  29. Wah baru tau, informatif dan lengkap ya?
    Ke tkp ah, Terimakasih ya

    ReplyDelete
  30. Financial management is not an easy thing to do but once we learned about it we can always do that. And we need to do it because it is very important

    ReplyDelete
    Replies
    1. indeed. we, as a women, should fill ourselves with financial knowledge

      Delete
  31. Nah, mama2 jaman milenial kudu perkuat ilmu tentang wawasan finansial nih. Cocok belajar ke situs yang terpercaya macam Money Smart ini agar literasi seputar dunia keuangan makin baik.

    ReplyDelete
  32. Bicara tentang pengelolaan keuangan bagi saya gampang gampang sulit hehe.. memang dibutuhkan konsistensi dalam menjalankannya.. dan tau apa yang menjadi tujuan pengelolaan keuangan itu sendiri, dan ditambah ilmu seperti dari moneysmart ini kita dapat mengelola keuangan jadi lebih mudah tentunya.. semoga edukasi tentang pengelolaan keuangan moneysmart bisa dipahami oleh masyarakat luas ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untung saja infografis dan gaya bahasa moneysmart.id ini sangat menarik :)

      Delete
  33. wah... money smart bisa jadi referensi finansial yang terpercaya nih.
    asiikk...

    ReplyDelete
  34. Kisah Amarangga keren dan inovatif. Kalo ada banyak pemuda yang kaya gini di Indonesia, bawaannya optimis dan berkarya, pasti Indonesia makin maju.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Ijaah. Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)