Sudah Tahu Manfaat Genset Untuk Gedung? Ini Dia!

15 comments:

"Untung saja rumah sakit menggunakan genset. Jika tidak, saat pemadaman bergilir seperti ini, pasien bisa tidak tertangani karena peralatan medis yang tidak berfungsi." 

Apakah kalian familiar dengan perkataan tersebut?

Genset adalah primadona bagi keberlangsungan operasional objek vital. Keberadaannya selalu ada di setiap gedung pemerintahan, rumah sakit, instansi pendidikan, ataupun perkantoran. Namun, tahukan kalian apa itu genset?

Generator listrik memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik. Proses ini dikenal sebagai pembangkit listrik. Sedangkan motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tetapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air, yang menciptakan aliran air tetapi tidak menciptakan air di dalamnya.

Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap, air yang jatuh melalui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam, turbin angin, engkol tangan, energi surya atau matahari, udara yang dimampatkan, atau apa pun sumber energi mekanik yang lalu lalang. Umumnya genset harus selalu tersedia pada gedung-gedung bertingkat, yang bertujuan sebagai cadangan listrik gedung.

Berikut ini beberapa manfaat genset untuk gedung :

Gedung sekolah atau universitas 

Gedung sekolah pasti memerlukan pasokan cadangan listrik atau genset sebab menjadi alternatif ketika arus listrik mati. Ketika terjadi pemadaman bertepatan dengan proses belajar, pasokan listrik dapat dialihkan ke penggunaan genset sekolah untuk mendapatkan penerangan kembali.

Gedung restoran 

Restoran merupakan salah satu tempat yang ramai di waktu kapan saja. Maka jika terjadi pemadaman, pasokan listrik harus dialihkan ke penggunaan genset untuk menghindari situasi gelap yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Genset menjadi alternatif utama untuk restoran.

Gedung hotel 

Hotel biasanya didesain dengan elektrikan dan mekanikal yang baik dan berkualitas. Salah satunya dengan menyediakan sumber pasokan listrik atau genset. Ada banyak tamu yang ingin berlibur maupun beristirahat di hotel. Oleh karena itu, penggunaan genset di hotel menjadi hal yang wajib direncanakan sejak awal pembangunan.

Rumah tinggal 

Rumah merupakan tempat tinggal yang harus dijaga kenyamananya, Ketika terjadi pemadaman, pasti semua penerangan akan mati dan gelap. Maka ada baiknya menyediakan genset sebagai sumber pasokan listrik cadangan dengan kapasitas yang disesuaikan dengan rumah.

Tempat konser atau pernikahan 

Dalam sebuah kegiatan penting seperti pernikahan atau konser, genset harus disiapkan sejak awal. Sebab pada saat itu, penerangan yang diberikan tidak cukup kuat. Maka dibutuhkan sumber cadangan listrik yang besar yaitu genset agar pasokan listrik tetap terjaga ketika terjadi pemadaman.

Ternyata peran genset adalah vital di dalam kehidupan kita, terlebih dalam penyelenggaraan acara sakral seperti pernikahan. Saya paham, tidak semua orang dapat membeli genset. Lalu bagaimana caranya supaya kita dapat menggunakan genset meski tidak membelinya?

Jawabannya adalah dengan sewa. Ya, genset bisa kalian sewa di https://sewatama.com/id/. Sewatama adalah perusahaan independent power plant producer Indonesia yang menyediakan ragam pelayanan dari mulai perawatan genset hingga efisiensi energi. Sewatama sudah berpengalaman selama lebih dari 27 tahun.

Jadi sekarang tak perlu khawatir soal pasokan listrik lagi ya! Ada Sewatama, solusi kelistrikan kita semua.

 ~ijaah~

15 comments:

  1. Genset memang penting dan harus ada di tempat2 publik dan kantor2 juga pas ada acara besar ya..buat antisipasi blackout

    ReplyDelete
  2. Waktu kami masih tinggal di Pekanbaru, kami punya genset. Rata2 tetangga kami juga punya karena di musim kemarau rutin mati lampu hampir tiap hari. Dg genset, anak2 tetap bisa belajar & aktivitas tidak terganggu, paling cuma panas aja karena aku beli genset yg paling murah jadi nggak kuat buat menghidupkan AC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rupanya genset menjadi barang primer di daerah luar Jawa ya mba

      Delete
  3. Iya nih, kalau lagi ada acara atau kegiatan penting trus kena pemadaman listrik bergilir bisa kacau ya. Tapi karena sudah ada sewa genset masalah pasokan listrik tentunya teratasi.

    ReplyDelete
  4. Waktu PLN lagi hobi-hobinya menggelar pemadaman listrik sempet lho aku pengen beli genset. Tp syukurlah ga jadi. Pasokan listrik udah aman alhamdulillah 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa teratasi ya mba. Kalau semisal ketakutan blackout datang lagi pas lagi ada acara besar di rumah, solusinya sewa genset aja :)

      Delete
  5. Genset memang penting terutama di perkantoran dan mungkin di rumah yg daerahnya sering mati listrik ya.. Baru tahu ada sewa genset dg mudah sekarang. Apakah itu sewa harian / dlm waktu yg lbh panjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jangka waktu yang ditawarkan antara menengah dan panjang, Mba. Sebelumnya kita bisa konsultasi dulu dengan Sewatama, nanti mereka yang akan memilihkan kapasitas listrik yang bisa mengcover kebutuhan kita :)

      Delete
  6. ini sudah bisa dipesan di luar jakarta ngga mba? karena di desa orangtua sering banget ngalamin pemadaman listrik mendadak, sepertinya butuh bantuan sewa genset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, Mba. Sewatama melayani penyewaan genset di seluruh kota di Indonesia :)

      Delete
  7. Kalau intuk perumahan mungkin diperlukan hanya sebagai back up ya.. kantor might need it more

    ReplyDelete
  8. Punya genset itu memang penting banget ya. Apa lagi untuk di kantor, hotel, dan tempat penjualan. Karena waktu mati listrik, tetap bisa melakukan aktivitas juga :)

    ReplyDelete
  9. Aku pribadi nggak bisa negbayangin sih kak Kalo tiba-tiba mati listrik di tempat umum, apalagi ditempat krusial, makanya emang perlu punya genset ya kak.

    ReplyDelete
  10. Tetanggaku ada beberapa yang punya genset, soalnya dulu sempat sering mati listrik. Dan rata-rata yang punya genset ini ada usaha di rumah, fatal kalo listrik mati. Suamiku sempat kepikiran juga buat beli, tapi rumah kami kecil dan perawatannya gak paham. Mending sewa ya kalo pas butuh untuk acara penting di rumah

    ReplyDelete

Thank you for visiting ijaah.com! Kindly drop your comments here and let's discuss! :)

Follow me on Instagram